Kirim Kartu Lebaran, Pakai E-Cards Saja!

oleh pada Senin, September 29th, 2008 dilihat 18.339 kali

Lebaran hampir tiba. Kegiatan berkirim ucapan lebaran pasti menjadi salah satu hal yang dinantikan. Berkirim kartu lebaran yang diposkan tentunya sudah dianggap kuno dan berkirim ucapan via sms terasa kurang asyik, serta mengandalkan fasilitas MMS takut boros pulsa.

salah satu contoh e-cardsDi jaman yang sudah melek internet, e-cards mempermudah bagi kamu berkirim ucapan di hari lebaran. Tak hanya menampilkan teks, tapi juga dipermanis dengan gambar dan sound effect. Mau pilih yang lucu lucuan atau lebih formal, semuanya ada, tinggal pilih dan gratis!

Berkirim ucapan lebaran jadi makin dipermudah dengan e-cards, karena makin menjamurnya penyedia kartu elektronik lebaran. Baik yang dari lokal Indonesia maupun dari situs luar juga ada. Syaratnya mudah, si pengirim tak perlu menjadi anggota untuk mengirim e-cards, dan asal si penerima e-cards memiliki alamat e-mail, pasti bisa. Tinggal pilih saja, mau yang dikemas dengan teknologi flash atau hanya gambar diam.

Bila memilih gambar animasi dengan flash, syaratnya si penerima harus punya plugins di komputernya untuk bisa melihat file animasinya. Animasi bisa dilihat dengan Adobe Flash Player 9 (kapasitas filenya 1,3 mb) yang bisa diunduh gratis dari micromedia.com.

Dan, terkadang yang jadi hambatan bukan hanya masalah pakai flash atau tidak, tapi bila komputer si penerima e-cards sedang lelet koneksi internetnya.

Apapun pilihanmu, dengan atau tanpa animasi, si penerima e-cards pastinya membalas. Asalkan si penerima pun tahu alamat e-mail si pengirim e-cards. Asyiknya e-cards bisa berpeluang membalas ke banyak orang.

Tetapi, namanya saja gratis alias free. Tetap saja ada keterbatasan dalam pemakaian fasilitas e-cards ini. Kadang pilihan gambar yang ditampilkan terbatas. Walaupun untuk mendapatkan gambar yang lebih beragam, kita bisa saja sign in untuk menjadi anggota (member).

Kamu bisa berkunjung ke eidmubarak.com, 123greetings.com, care2.com, dan situs yang sedang laris, islamonline.net. Cari dan pilih saja jenis kartu ucapan Muslim. Layanan e-cards dari indonesia pun juga ada, misalnya cbn.net.id dan babaflash.com.

Mau lebih leluasa berkreasi bikin e-cards dengan mengolah gambarmu sendiri? Pakai saja layanan berbayar, seperti kodakgallery.com. Tapi buat apa bayar berlangganan kalau ada cara mengolah gambar sendiri dan gratis pula.</p>

Bikin Sendiri

Apa bisa?? Pasti susah ya?. Enggak juga kok, asal kita mau belajar pasti bisa. Kita bisa tentukan gambar sendiri, bisa dari hasil jepretan kamera digital atau ponsel.

Lalu untuk mengolah gambar pakai apa?. Kamu bisa pakai Photoshop versi berapapun. Tinggal diedit dan ditambahi teks. Kalau sudah jago utak atik photoshop bisa ditambah efek efek pada gambar. Hasil editan disimpan dalam format JPEG.

Sebenernya hasil olahan kita bisa dikirim via e-mail. Tapi terkadang jadi berat pada saat di attach karena ukuran filenya yang mungkin besar.

Nah, cara yang lebih simpel, simpan saja file gambar olahanmu tadi ke web (misal di photobucket.com atau flickr.com). Asyiknya, kamu bisa menampilkan thumbnail di e-mail berformat HTML. Penerima tinggal klik gambar untuk mendapatkan gambar berukuran besar.

3 Responses to “Kirim Kartu Lebaran, Pakai E-Cards Saja!”

  1. www.rupiah.tk mengatakan:

    kartu lebaran kok banyak yg muahaal ya.. oke gak apa2 deh kalo udah dapat uang saku gratisan di http://www.RUPIAH.TK

  2. cha_ching mengatakan:

    bagusss ne…blh di coba, lagian ; “Lebaran sebentar lagi…”
    btw, gak cuman bwt ucapan Lebaran doang kn…?!??

  3. jandy mengatakan:

    aduh…….terlambat dech! untuk ucapan “valday “ada gak ya ?

Leave a Reply

KATA MEREKA