Pemuda Harapan Bangsa

oleh pada Kamis, November 27th, 2008

Pemuda adalah sekelompok masyarakat yang masih dalam usia remaja, peran aktif mereka dalam kegiatan positif sangat dibutuhkan oleh masyarakat umum, karena pemuda adalah generasi yang akan menjadi penerus generasi sebelumnya. Kemajuan suatu bangsa akan sangat ditentukan oleh kualitas pemuda yang meliputi semua aspek kehidupan, seperti dalam hal pendidikan, kebudayaan, moral, dll.

Untuk membentuk remaja yang bisa menjadi harapan bangsa bukanlah hal yang mudah, tetapi usaha ini membutuhkan kerja keras dan kerjasama dari semua pihak, mulai dari lingkungan yang paling kecil yaitu keluarga, kemudian perkampungan dimana mereka tinggal, lingkungan sekolah, sampai pada lingkungan dimana mereka berada dalam suatu Negara.

Usia remaja memang masih sangat labil sehingga sangat mudah untuk terpengaruh dengan keadaan di sekitar mereka, maka peran orang tua dalam perkembangan remaja sangat dibutuhkan. Kasih sayang dan perhatian dari orang tua sangat diperlukan untuk membentuk karakter mereka.

Ada banyak hal yang harus ditanamkan pada setiap pemuda sejak dini, diantaranya yang termasuk terpenting adalah tentang agama, karena dengan diperkenalkan dengan agama, maka moral mereka akan terbentuk menjadi seorang pemuda yang agamis. Kita semua tidak bisa menafikan urgensitas agama, karena dengan agama manusia bisa membedakan antara yang benar dan yang salah, serta dengan agama pula kita bisa tahu tentang tata cara hidup yang benar.

Kemudian selain menanamkan pengetahuan rohani (keagamaan) kepada pemuda, pendidikan juga menjadi hal yang sangat penting untuk ditekankan pada mereka sejak dini, karena kewajiban mencari limu adalah dari lahir sampai ke liang lahat, demikian sabda Nabi Muhammad SAW.  Pendidkan adalah alat yang akan membentuk generasi yang berilmu, karena dengan ilmu yang akan menjadikan manusia lebih mulia dari makhluk yang lain.

Setelah manusia dikaruniai akal, maka sebagai wujud rasa syukur adalah dengan terus menerus memanfaatkan akalnya untuk mencari limu. Ilmu adalah cahaya bagi kegelapan dan menjadi lampu bagi kehidupan.

Di era modern ini, pemuda dituntut untuk bisa mengetahui banyak hal tentang perkembangan sains dan teknologi yang semakin canggih. Ini menjadi tantangan yang harus dihadapi, karena perkembangan keilmuan yang terus berkembang di belahan dunia. Ketika pemuda sudah dibekali dengan pengetahuan yang bagus maka akan menjadi modal besar bagi suatu bangsa untuk bisa bersaing dengan bangsa lain.

Selain dua hal tadi, pergaulan juga menjadi bahan yang perlu diperhatikan, karena pengaruh dari pergaulan bebas sangat dominan bagi para pemuda. Ketika mereka bergaul tanpa bisa memilih komunitas, maka mereka akan bisa terbawa arus. Sehingga maraknya pengisap narkoba dari kalangan remaja, kemudian pergaulan bebas yang sampai menuju freesex, pemerkosaan, tawuran antar remaja dan sebagainya adalah juga faktor pergaulan yang kurang hati-hati.

Dalam hal ini peran orang tua (keluarga), guru dan lingkungan sekolah/lembaga pendidikan, pemuka agama serta peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam kerjasama yang menyentuh semua elemen masyarakat untuk mewujudkan generasi yang pandai dan bermoral.

Saya yakin ketika pemuda suatu bangsa dibekali dengan rohani yang bagus dan ilmu pengetahuan yang memadai, maka akan bisa mengantarkan bangsa mereka menjadi bangsa yang hebat di bumi ini. Semoga para pemuda Indonesia terus mahu bekerja keras untuk memajukan bangsa mereka dalam semua aspek kehidupan yang positif.

Kairo, 25 November 2008

Leave a Reply