Ok Karaoke, Sebarkan Semangat Lewat Musik

oleh pada Senin, Januari 30th, 2012 dilihat 1.099 kali

Dengan dirasuki unsur-unsur rock alternatif lainnya dari daratan Inggris di era 90an, band yang berdiri tahun 2005 di Semarang dengan formasi, Febrian Aditya Putra aka a.k.a Dito (Vokal), Garna Raditya (gitar), Adiyat Jati Wicaksono (bas), Bhaskoro (gitar) dan Risqonadhimi Haque (drum). Yes, please welcome…Ok Karaoke! Band rasa lokal asli Semarang ini terus menunjukan eksistensinya di jagat musik indie.

Apa kabar Ok Karaoke?

Baik, dan selalu semangat!

Ok Karaoke sudah punya berapa album nih?

Di tahun 2008 kita merilis minialbum “Sail of the Storm”, terus bulan Oktober 2011 kemarin,  kita merilis dua singgle yakni “Call Me Time” dan “Casteless Man” dalam rangka mempromosikan album baru Ok Karoke.

Nah, denger-denger, kalian mau merilis album baru di bulan Maret?

Iya, sudah kita menyiapkan full album dengan total 10 lagu baru dan ada satu lagu remix dari Bemby Terror Incognita. Kemarin kita juga baru saja selesai merekam satu lagu untuk kompilasi Alf Studio, judulnya “Deeparted”.

Wah, ditunggu nih album barunya. Ekspresi Suara Remaja tertarik dengan lagu yang berjudul “Lekas Sembuh”, lirik lagu itu bercerita tentang apa?

“Lekas Sembuh” itu menceritakan tentang sebuah harapan atau doa. Ya doa untuk orang yang sedang sakit, nggak hanya sakit dalam bentuk fisik, bisa juga keadaan sedang dibawah normal. Misalnya, orang yang sedang patah hati, gangguan jiwa atau mental. Hehehe. Intinya lagu “Lekas sembuh” itu adalah lagu doa.

Disetiap membawakan lagu “Lekas Sembuh”, Dito (vokal) terlihat benar-benar menghayati lagu ini. Kenapa? Apa ada Pengalaman pribadi?

Sebenarnya sih mencoba saat menyanyikan setiap lagu nggak cuma “Lekas Sembuh” saja. Di setiap lagu Ok Karaoke pasti harus dinyanyikan dan dihayati sungguh-sungguh, karena mau nggak mau itu kan lagu kita, masa mau dinyanyikan sembarangan.

Oke. Dari 10 lagu yang sudah Ok Karaoke siapkan, lagu mana yang mau dijadikan jagoan?

Rahasia! Hahaha!

Ada recana untuk masuk ke major label nggak?

Mungkin sebatas distribusi album saja ya. Karena masing-masing personil Ok Karaoke punya kesibukan sendiri dan kita juga bukan fulltime musician. Kita mau menerapkan kebebasan berekspresi sih. Ini band kita, ini musik Ok Karaoke.

Nah, bisa dilihat kan, personil Ok Karaoke sudah mempunyai pekerjaan diluar band, gimana cara mengumpulkan setiap personil waktu latihan, rekaman bahkan manggung?

Mungkin lebih bersifat ke management. Management itu sendiri sudah diperlukan untuk sebuah band meskipun band itu nggak berada di major label. Selain itu Ok Karaoke adalah prioritas dari setiap personilnya.  Bisa dibilang OK Karaoke adalah rekreasi.

OK Karaoke ada rencana untuk melakukan tur?

Jelas! Untuk album baru ini kita akan tur Jawa. Nggak Cuma itu, kita juga tur ke Malaysia dan Singapore.

Awesome! Nah, untuk tur Malaysia dan Singapura itu kapan akan berlangsung?

Kita belum bisa menentukan tanggalnya, tapi yang pasti setelah album baru kita rilis dan tur itu pasti akan berjalan.

Gimana cara kalian bisa berkesempatan melakukan tur sampai Malaysia dan Singapore?

Awalnya melakukan korespondensi ya. Lalu komunitas musik indie Malaysia dan Singapore menawarkan untuk menggurusi tur Ok Karaoke di Negara itu. Dimalaysia, kita akan manggung di Ipoh. Ipoh merupakan kota indie rock dan beberapa teman disana menawarkan Ok Karaoke manggung disana.

Ini mungkin pertanyaan mendasar. Gimana tanggapan Ok Karaoke untuk musik lokal Semarang?

Ya, untuk sekarang ini agak kurang baik. Untuk tahun 2012 saja cuma ada tiga rilisan album, itu pun mini album, yaitu dari Khrisna band, Rastaline dan Screaming School. Yang terjadi pada musik Semarang, untuk merilis sebuah album saja masih setengah-setengah. Mereka merasa kalau jam terbangnya sudah tinggi lewat single yang mereka keluarkan itu sudah cukup. Seakan-akan puas sampai situ saja. Tapi kabar baiknya, untuk tahun ini direncanakan banyak yang akan merilis album.

Ada solusi buat masalah itu?

Mungkin kita saling menginspirasi saja. Seperti teman kita dari Lipstic Lipsing, mereka merilis album lewat label di Inggris.  Nah, inisiatif dari band itu sendiri yang akhirnya menginpirasi band-band lainnya. Dari hal seperti itu akan menular ke band yang lain. Pasti!

Ada nggak masukan untuk band-band yang baru?

Latihan. Baik itu latihan secara personal, latihan di studio dan latihan membuat lirik lagu. Yang paling penting adalah berani untuk berbeda. Selama ini band-band lokal masih bermain di zona aman, apa yang sedang populer sekarang itulah yang mereka mainkan. Yang harus mereka lakukan adalah mencari sesuatu yang berbeda, karena semaki berbeda akan semakin dikenal. Jangan takut untuk bermain beda.

Apa yang dilakukan Ok Karoke untuk beda dari band yang lain?

Pada masa Ok Karaoke berdiri, genre indie rock masih jarang diminati, bahkan nggak ada. Ya, sekarang, walaupun masih lambat, gengre indie rock mulai berkembang.

Harapan Ok Karaoke kedepan?

Kita mau menyelesaikan album baru. Kita juga ingin para pendengar Ok Karaoke terus memberikan apresiasinya, karena apresiasi mereka adalah energi untuk kita. Ok Karaoke.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

KATA MEREKA