Serunya Solo Menari 24 Jam

oleh pada Senin, April 30th, 2012 dilihat 1.688 kali

Kota Solo kembali memberikan suguhan yang menarik, nih kawan. Yap, Minggu (29/4), selama sehari semalam, Kota Solo menari tanpa henti, lho. Bepusat di Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, Solo ini, Solo Menari 2012 mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat Solo.

Gelaran tahunan kali ini, mengambil tema “Meretas Batas Dalam Warna” yang digambarkan dengan tarian yang berjudul Puspita Dewangkara, yang dibawakan penari dari Sanggar Suryasumirat, Pura Mangkunegaran Solo. Sebanyak 27 penari mengenakan kostum bunga warna-warni berlenggok cantik seolah menggambarkan keindahan di antara perbedaan.

Total penari yang terlibat dalam event menari ini sebanyak 2.500 penari dari 84 sanggar seni di seluruh Indonesia dan mancanegara, di antaranya Jepang, Australia dan Singapura. Dalam kesempatan ini juga, para penari nggak hanya menampilkan berbagai tarian tradisional tetapi juga tarian kontemporer, lho.

Solo Menari telah dimulai sejak pukul 06.00 WIB, dibuka oleh Rektor ISI Surakarta T. Slamet Suparno dengan diawali dengan tarian umbul donga yang ditarikan oleh enam sesepuh tari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo dan bertempat di Teater Terbuka kompleks Kampus ISI Solo.

Solo Menari kali ini memang berbeda dengan gelaran sebelumnya. Sebanyak 30 penari berlenggak-lenggok di atas 50 becak bergambar tokoh punakawan, dan membuka gelaran menari selama 24 jam ini. Sejumlah tokoh tari yang terlibat dalam Tari Becak tersebut, antara lain Maestro Tari Bali Bulan Tresna Ayu Jelantik, Maestro Tari Jawa Klasik Retno Maruti serta Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Selain berpusat di Jalan Slamet Riyadi, para peserta juga menari di 14 titik lokasi, antara lain sembilan lokasi di kompleks Kampus ISI Surakarta dan masing-masing satu lokasi di Taman Sriwedari, Solo Square, Solo Grand Mall, dan Solo Paragon.

 

 dari berbagai sumber

2 Responses to “Serunya Solo Menari 24 Jam”

  1. adli mengatakan:

    Tulisannya menarik, Izin share mas, untuk komunitas2 seni se indonesia

  2. admin mengatakan:

    silahkan

Leave a Reply

View Mobile Version