Alasan Kenapa Kita Pusing Ketika Berputar

oleh pada Kamis, Juni 7th, 2012 dilihat 1.263 kali

Pernah nggak kamu berputar-putar badan, seperti menari atau cuma sekedar iseng saja. Tahu dong pasti efeknya setelah kita berputar-putar? Yah, pusing. Kamu pasti bingung kenapa sih kok bisa pusing, kenapa juga kalo badan diputar balik tetap saja masih pusing. Hmm.. Sebenarnya itu malah bikin kepala kamu tambah puyeng alias pusing. Jadi kamu mesti tahu apa penyebab utama pusing ini muncul, simak yuk ulasan berikut.

Menurut hukum fisika nih, jika sebuah benda diam, maka benda itu akan tetap diam hingga nggak ada yang mengusiknya. Jika obyek itu bergerak, maka hal itu sebaliknya. Dalam struktur labyrinthine di dalam telinga kita, ada tiga ‘Semucircular Canal’ yang mengatur sudut kanan dan kiri agar gerak kepala kita tetap stabil disepanjang sumbu kawan, dan ketiga bagian tersebut berkolaborasi dalam ruang 3D dimana kita berada. Tiap kanal dari ketiga bagian ini berisi cairan yang bergerak maju mundur.

Saat memiringkan kepala ke satu sisi, cairan akan mengarah ke satu sisi tersebut. Informasi ini yang nanti ditangkap otak kita melalui 20 ribu syaraf, yang kemudian diterjemahkan otak sebagai gerakan.

Kini saat kamu bergerak berputar, cairan yang ada di kepala bergerak berlawanan arah. Nah hal inilah yang disebabkan oleh gerak kepala yang nggak beraturan, dan menyebabkan sensor di dalam kepala kita bergerak melawan arah. Yang berarti saat itu kamu sedang berputar-putar badan.

Alhasil kalau kamu berputar-putar dengan cepat dan lama, cairan otak seolah terguncang dan nggak mampu menerima pesan yang masuk dari kepala kita. Lalu persepsi kamu menjadi normal merespon rotasi pada kepala dan ini memberi kamu perasaan seolah kamu  diam dan dunia berputar di sekeliling kamu. Perasaan inilah yang membikin kamu menjadi pusing berkunang-kunang.

Nah, itu alasan kenapa kalau kamu berputar-putar badan efeknya menjadi pusing dan kadang malah perut kamu menjadi mual kan. Hihihi.

-berbagai sumber-

Leave a Reply

KATA MEREKA