Karya Seni Dalam Boneka Kokeshi

oleh pada Kamis, November 22nd, 2012 dilihat 994 kali

Mungkin, belum banyak yang mengenal salah satu karya seni ini. Yap, Kokeshi, boneka asal Jepang yang dibuat dengan tangan, berbahan kayu maple atau cheery, dibentuk menyerupai manusia dengan badan yang dibentuk sederhana, kepala diperbesar, dan dihiasi garis-garis tipis sehingga membentuk wajah. Dan biasanya, kokeshi nggak memiliki tangan atau kaki. Sementara tubuhnya biasanya dihiasi dengan pola bunga, dan dicat dengan warna hitam, merah atau bahkan kuning.

Menurut sejarah, boneka yang populer pada tahun 1600-1868 ini dibuat oleh pengrajin yang berasal dari Shuraku Shinchi, lalu menyebar ke kota lain seperti Tohoku, Jepang. Awal tujuan dibuatnya boneka kokeshi ini juga nggak terlalu jelas. Unsur spiritual dan sebagai alat pijat adalah beberapa kemungkinan mengapa boneka ini ada. Ilutrasi-ilustrasi yang digunakan seperti menggambarkan bentuk fisik dari anak kecil yang sehat dan ceria.

Meski begitu, boneka kokeshi adalah bentuk kesenian rakyat, lho. Walaupun hampir semuanya sama, namun bentuk dan pola boneka disesuaikan dengan daerah masing-masing, seperti gaya Naruko yang mewakili wilayah Miyagi, dengan poni yang diikat diatas kepala yang biasa disebut dengan Mizuhiki. Ada pula Tsuchiyu yang mewakili wilayah Fukushima, dengan kepala yang relatif kecil dan tubuh langsing. Tinggi badan mereka pun bervariasi. Sampai sekarang, ada 11 jenis boneka kokeshi.

Pada beberapa waktu lalu, boneka-boneka ini dipamerkan dalam rangka menggalang dana untuk pemulihan kota Tohoku. Acara ini diadakan oleh para Kokeshien yaitu organisasi yang mempromosikan kokeshi beserta para pengrajinnya.

 

Sumber: designboom

Leave a Reply