Efek Buruk Gadget Bagi Kesehatan? No Hoax!

oleh pada Selasa, April 2nd, 2013 dilihat 1.092 kali

Isu pengaruh teknologi yang membawa dampak buruk bagi kesehatan, memang bukan hal yang baru. Ekspresi Suara Remaja pengen mengingatkan lagi tentang beberapa dampak buruk teknologi terhadap kesehatan kita, kawan.

1. Bahaya Optical Mouse bagi Kesehatan

Siapa yang menyangka kalau hardware computer ini mempunyai dampak buruk bagi kesehatan. Memang design optical mouse lebih menarik dibandingkan mouse ball, tapi tahukah kamu, ternyata gelombang elektromagnetik optical mouse lima kali lebih besar dibandingkan radiasi dari handphone?

Telapak tangan yang merupakan pusat ujung syaraf-syaraf tubuh akan lebih sensitive terhadap radiasi dari optical mouse. Hal ini akan berpengaruh fatal pada kesehatan jika radiasi dari optical mouse terus-terusan diterima oleh telapak tangan.

Biasanya yang mempunyai radiasi lebih besar adalah optical mouse yang diproduksi oleh perusahaan kecil, karena biasanya nggak memberi pelindung tangan pada optical mouse.

Kurangi radiasi optical mouse:

·       Gunakanlah mouse seperlunya. Misalnya, dengan menggunakan alternative tombol keyboard seperti shift down, ctrl a, ctrl z, ctrl I dan masih banyak lagi.

·       Gantilah optical mouse kamu dengan mouse ball versi lama yang nggak menimbulkan radiasi.

 

2. MP3 Player dan Tuli Saraf

Ternyata kecanduan mendengarkan MP3 player bisa mengakibatkan kerusakan pendengaran permanen! 5-10% dari pendengar MP3 yang selalu mendengarkan MP3 selama lebih dari satu jam sehari berpotensi mengalami masalah atau gangguan pendengaran permanen lho.

Mendengarkan MP3 menyebabkan tuli saraf atau dalam bahasa kedokterannya disebut tuli sensori-neural, yaitu sejenis tuli yang berbeda dengan tuli lainnya. Tuli saraf mengenai saraf-saraf telinga yang menyebabkan penderita nggak bisa mendengarkan bunyi dalam frekuensi tertentu.

Cara mengurangi risiko tuli saraf akibat MP3:

·       Atur volume musik pada tingkat yang nggak terlalu tinggi.

·       Set timer pada MP3 kamu. Jadi setelah beberapa menit, MP3 bisa mati secara otomatis, hal ini untuk mengantisipasi jika kamu tertidur saat mendengarkan musik.

·       Pilih headset yang biasa, jangan menggunakan yang in-ear.

·       Jika sedang di pesawat, jangan nyalakan MP3 kamu saat pesawat akan take-off.

 

3. Wi Fi (Wireless Fidelity)

Teknologi internet memang sudah banyak mengalami kemajuan. Dengan adanya fasilitas wi fi di tempat-tempat umum, kini orang lebih mudah untuk mengakses jaringan internet. Namun, radiasi wi fi ternyata membawa efek buruk bagi kesehatan. Di London, seorang wanita mengeluhkan nyeri di bagian kepala, telinga, tenggorokan, dan beberapa bagian tubuh lain bila berdekatan dengan alat elektronik atau menara pemancar. Ternyata pemancar wi fi menimbulkan radiasi 3 kali lebih besar dibandingkan dengan radiasi ponsel.

Mengurangi efek radiasi wi fi:

·       Gunakanlah seperlunya saja, alangkah lebih baik jika menggunakan jaringan kabel dibandingkan menggunakan pemancar wi fi.

·       Jangan menggunakan laptop dengan cara dipangku, karena jarak laptop yang terlalu dekat dengan tubuh bisa menyebabkan tubuh menerima radiasi yang lebih besar.

 

4. BlackBerry dan Gangguan Kejiwaan

Ternyata smart ponsel ini juga membawa dampak yang buruk bagi kesehatan! Apa saja efek yang ditimbulkan?

Ketergantungan

Menurut studi dari Universitas Rutgers, BB sangat memicu ketergantungan sehingga membawa dampak buruk bagi kesehatan mental. Bahkan menurut penelitian, hal ini juga membuat pengguna memerlukan terapi setara dengan terapi ketergantungan obat-obatan. Wow, ngeri juga ya ternyata!

Gangguan Tidur

Kurang tidur juga membawa efek buruk bagi kesehatan mental. Nah, serangkaian percobaan menunjukkan bahwa mengirim pesan atau chatting melalui ponsel sebelum tidur bisa mengganggu pola tidur, memacu insomnia, sakit kepala, dan kesulitan berkonsentrasi. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, hasil studi dari Uppsala University di Swedia menunjukkan bahwa radiasi sedikit saja dari ponsel bisa mengganggu tidur.

Memicu Kecemasan

Smart gadget ini memang gadget yang pintar dan banyak memenuhi kebutuhan komunikasi kita. Perangkat semacam ini dapat membuat ketergantungan, merusak konsentrasi, mengganggu tidur, dan juga bisa membuat stres. Tingkat stres akan lebih parah jika kita bergantung terhadap BB dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

Kerusakan Otak

Radiasi ponsel telah lama dikaitkan dengan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari tumor hingga insomnia. Meskipun temuan studi masih bertentangan, bukti mulai menunjukkan adanya peningkatan risiko tumor otak di kalangan pengguna ponsel termasuk penggunaan BB.

 

Tags: , ,

Leave a Reply

View Mobile Version