Semarang Toys Fair 2013, jadi Incaran Para Kolektor Mainan

oleh pada Selasa, April 2nd, 2013

Semarang punya gawe yang luar biasa, kawan. Yup,  Semarang Toys Fair (STF) 2013. Acara yang diselenggarakan di halaman TK Dian Asih Montessori, Jl Kompol Maksum, Jumat, 29 Maret ini ramai diserbu para pecinta mainan lho. Berbagai kalangan masyarakat menyambut secara meriah, karena ini merupakan event toys fair yang pertama di Semarang.

Panitia yang mematok harga tiket sebesar Rp. 5.000, menargetkan sebanyak 500 orang pengunjung di hari pertama. Tapi rasanya antusias warga memang nggak bisa ditahan lagi, sampai – sampai pengunjung membludak hingga 800 orang lho. Mulai dari anak kecil, remaja, sampai orang tua, entah itu cewek atau cowok, mereka datang memadati pameran tersebut. Specialnya, tiket yang sudah dibeli masih bisa dipakai selama tiga hari berturut-turut, asal tiketnya nggak hilang.

Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas pecinta dan kolektor mainan Model-kit & Figure Lovers (MKFL), Komunitas Mini 4WD Semarang Premiere Standard Tamiya Original (PreSTO) ini mempunyai beberapa rangkaian acara lho. Antara lain cosplay competition, R/C competition, Hot Wheels drag race, Tamiya racing competition, Yoyo special performance dan masih banyak lagi. Asik kan!

Event ini juga menjadi ajang berkumpul para komunitas hobi dan toys di Semarang dan sekitarnya, sehingga membuat suasana sore itu semakin meriah. Selain itu, para kolektor mainan juga bisa melakukan transaksi jual beli mainan disini kawan. Yup, mainan yang dipamerkan disini bukan mainan yang biasa dimainkan oleh anak-anak lho. Mainan di STF ini bisa disebut barang koleksi karena harga yang nggak murah. Apalagi kalau mainan itu masuk kategori limited edition. Beuh! Bisa jadi rebutan para kolektor tuh.

Hal ini juga didukung oleh Stephen Tatang Sunarto (dari PreSTO), jual beli action figure merupakan hobi yang menjanjikan buatnya. “Ya, kalau seseorang menyimpan suatu mainan yang collectible dan suatu saat dia membutuhkan uang, mainan tersebut bisa dijual dengan harga yang fantastis. Seperti karakter figure yang diproduksi limited edition, wanted item juga, mainan seperti itulah yang bernilai jual tinggi. Bahkan nggak perlu menunggu waktu yang lama untuk menjualnya, karena barang tersebut sudah banyak peminat dan sedikit produksinya”. Ujarnya selaku penanggung jawab acara. Wah, apa kamu berminat dengan hobi seperti ini kawan?

Diselenggarakannya acara ini bertujuan untuk menyatukan visi misi bersama komunitas hobi dan para penjual/toko mainan di kota Semarang, untuk berperan aktif dalam pengembangan dunia mainan di Semarang.

“Saya berharap ke depannya event ini dapat menjadi sebuah kegiatan rutin yang telah diadakan minimal tiga kali setahun di Semarang sendiri, dan di kota-kota besar lain seperti Jakarta, Bandung, Jogja dan Surabaya” pungkasnya.

Tags: , , ,

Leave a Reply