Lebih Cerdas di Olimpiade Pancasila

oleh pada Selasa, Juni 4th, 2013 dilihat 977 kali

Dalam rangkaian Bulan Pancasila yang diadakan oleh HIMA Jurusan Politik dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Semarang, Rabu, 29 Mei yang lalu sampailah pada kompetisi Olimpiade Pancasila dan UUD 1945 tingkat SMA se-Jateng dan DIY.

Acara yang diselenggarakan di gedung Fakultas Ilmu Sosial Unnes ini dibuka langsung oleh Dekan Unnes, yaitu DR. Subagyo M.Pd Kurang lebih sekitar 110 peserta datang dari berbagai daerah di Jawa tengah dan DIY seperti Pati, Kudus, Brebes dll untuk ikut berpartisipasi dalam Olimpiade ini. Nggak tanggung-tanggung nih, teen, Olimpiade Pancasila ini mendapat antusias yang luar biasa dari peserta.

Lombanya sendiri terbagi menjadi beberapa tahap, tahap pertama yaitu babak penyisihan yang diikuti oleh 110 peserta yang mendaftar. Mereka dituntut untuk menjawab soal-soal berkaitan tentang Pancasila dan UUN 1945 yang sudah disediakan oleh panitia.

Lima belas Peserta dengan nilai terbaik masuk ke tahap selanjutnya yaitu babak Lomba Cerdas Cermat. Dalam LCC ini peserta harus cerdas menjawab semua pertanyaan dari dewan juri lho. Finally, terpilihlah tiga peserta terbaik yang akan maju ke babak final. Albertus, Kafita Nur Fadila, dan Siwi Panuntun menjadi beberapa orang yang beruntung tersebut. Namun perjuangan mereka belum berakhir sampai disini. Masih ada babak final yang menunggu untuk menentukan siapakah yang paling jago dalam bidang Pancasila dan UUD 1945.

“Finalis dipersilakan masuk kedalam ruangan,” ucap moderator.

Satu persatu finalis menempatkan diri ke posisi masing-masing. Dalam babak final ini mereka dituntut untuk menjawab pertanyaan wajib, dan rebutan. Then, final examination was arrived. Ketiga finalis harus menganalisa video yang berkaitan dengan  realitas kasus yang sedang terjadi di Indonesia.

Suasana menjadi gegap gempita saat pengumuman pemenang nih, teen. Albertus dari SMAN 1 Kudus berhasil menjadi Juara Pertama dan mendapatkan piala serta uang tunai sebesar Rp 1.250.000,00. Juara kedua jatuh kepada Kafita Nur Fadila cewek utusan SMAN 1 Pati berhasil membawa pulang piala dan uang senilai Rp 1.000.000,00. Sedangkan Peringkat ketiga berhasil dibawa pulang oleh Siwi Panuntun dari SMAN 1 Jepara dengan uang tunai sebesar Rp 750.000,00.

“Ini merupakan lomba Olimpiade yang sangat luar biasa, kalau biasanya hanya ada olimpiade matematika, fisika, namun Unnes n lewat HIMA JURUSAN Pkn ini mampu mengadakan Olimpiade Pancasila dan UUD 1945, Semoga tahun depan sekolah kami bisa menang lagi,” ungkap guru pembimbing SMA 1 Kudus.

Acara yang baru pertama kali diadakan ini diharapkan bisa menjadi agenda rutin tahunan Hima Politik Dan Kewarganegaraan. Selaku ketua Panitia, Sigit Pandu Cahyono juga menyatakan tentang apresiasi mahasiswa terhadap Pancasila yang masih besar. Sehingga, acara-acara seperti ini harus rutin diadakan supaya bisa menjaring generasi penerus bangsa yang peduli dengan Ideologi Negaranya. Well, Congratulations untuk para pemenang.

 

 

Tags: , , ,

One Response to “Lebih Cerdas di Olimpiade Pancasila”

  1. dodi mengatakan:

    sipp

Leave a Reply