Yummy! Macam-Macam Jajanan di Dunia

oleh pada Rabu, Juni 19th, 2013 dilihat 1.035 kali

Ini waktunya jalan-jalan sambil menikmati enaknya jajanan kaki lima yang terkenal di beberapa negara di seluruh dunia. Ada yang pastinya sudah familiar di lidah kamu, lalu ada juga yang ekstrem banget! Yuk, ikuti jalan-jalan Ekspresi Suara Remaja kali ini. Lets go!

Tteokbokki

Tteok dalam bahasa Korea artinya kue, bentuknya berupa batangan yang kemudian dimasak dengan gochujang (pasta cabai) dan gula pasir. Biasanya jajanan ini banyak dijual di pinggiran jalanan Seoul waktu musim dingin karena rasanya yang hangat dan membuat kenyang. Jangan lupa, cobain jajanan asik ini di festival-festival Korea yang akhir-akhir ini semakin sering diadakan. Minta kuahnya juga biar tambah mantab rasanya.

 

Takoyaki

Dari Korea kita mampir sebentar ke negara tetangganya, Jepang. Diantara begitu banyaknya jajanan khas yang ada di negara ini, Ekspresi Suara Remaja memilih Takoyaki sebagai salah satu menu yang mesti dicoba. Bentuknya bulat seperti bola pingpong, kecil kekuningan, di dalamnya diisi potongan daging gurita kemudian diguyur saus okonomiyaki dan disajikan dalam wadah berbentuk perahu. Hmm… benar-benar membuat ngiler, deh!

 

Lassi

Gantian sekarang kita menikmati minuman yang biasa dijajakan di pinggiran jalan India, yogurt dingin yang di-blend bareng setup mangga, susu krim dan es krim. Hmm.. yummy! Ini versi modernnya, kalau versi tradisionalnya yogurt cuma ditambah air lalu diberi bumbu tambahan: garam, merica dan rempah-rempah lain. Kebayang nggak tuh gimana rasanya? Ekspresi Suara Remaha memilih Lassi mangga saja, deh.

 

Nachos

Keripik tortilla yang disiram dengan keju cair, pasti tahu kan apa namanya? Yups, it’s Nachos. Camilan asli Meksiko ini memang jadi salah satu favorit buat teman nonton bioskop selain popcorn. Sekarang Nachos punya banyak variasi rasa, ada yang diguyur saus salsa, dicampur buah tomat dan selada, ditambah daging, bahkan juga disiram saus guacamole alias saus dari buah alpukat.

 

Pretzel

Itali nggak cuma terkenal dengan pizzanya saja, ada juga kue yang bentuknya berupa tiga simpul atau lebih dikenal dengan nama Pretzel. Pretzel biasanya dilapisi dengan karamel dan digarami. Tapi sekarang pretzel nggak cuma berbentuk simpul saja, ada juga yang berbentuk tongkat dan bisa dilapisi yogurt. Namun yang menjadi favorit adalah yang dilapisi cokelat.

 

 

Kebab

Kebab berasal dari bahasa Arab yang artinya daging goreng. Namun dalam perkembangannya malah menjadi nama makanan yang berupa daging panggang yang ditusuk dengan batang besi. Nggak ada yang tahu asal mula kebab dari negara mana, tapi ini sudah menjadi jajanan khas di Timur tengah sana. Saking enaknya jajanan ini sampai-sampai di pinggiran jalan dekat sekolah kita pun juga ikut menjualnya.

 

Dondurma

Masih di sekitar Timur Tengah, kita wajib mencicipi ice cream yang satu ini. Nggak seperti ice cream biasanya, dondurma ini lentur. Dan yang khas adalah cara penjualnya menyajikan ice cream ini: diputar-putar, dipindah-pindahkan ke cup-cup lain, malah mirip seperti sedang atraksi sulap! Jadi, nggak jarang banyak orang yang terhibur setelah membeli ice cream ini.

 

 

Fried Insect

Last but least, ini yang paling ekstrem diantara semuanya. Fried insect yang biasa dijual di jalanan Thailand bakal menguji nyali kamu yang ingin menikmatinya. Jelas saja, yang ada disini semuanya serangga seperti, aneka cacing, serangga-serangga air kemudian dicampur dengan saus khusus. Hmm… bayangkan sendiri deh rasanya. Kata orang Thailand, rasanya mirip ikan yang digoreng garing, gicu!!!

 

 Foto: berbagai sumber

Tags:

Leave a Reply