Masjid Agung Demak, Masjidnya Wali Songo

oleh pada Selasa, Juli 23rd, 2013 dilihat 1.067 kali

 

Memang nggak salah kalau Kota Demak disebut sebagai salah satu pusat perkembangan Islam di tanah air. Hal itu terbukti dengan adanya peninggalan bersejarah Masjid Agung Demak.

Yap, Masjid Agung Demak merupakan masjid tertua di Pulau Jawa yang dibangun oleh para Wali Songo pada tahun 1478 pada masa pemerintahan Sultan Patah. Terletak di Jl Sultan fatah no 57, Demak atau dijalur jalan raya Semarang – Surabaya, Masjid ini merupakan cagar budaya yang memiliki nilai historis serta arkeologis dan saat ini masih berdiri kokoh.

Secara arsitektural, bentuk masjid ini begitu unik dengan mempunyai atap limas piramida bertingkat tiga yang menjadi khas bentuk masjid di tanah Jawa. Bukan tanpa sebab, bentuk  tersebut ternyata   mempunyai makna akidah Islamiyah yaitu Iman, Islam dan Ihsan. Memiliki empat soko guru yang salah satunya konon dibuat dari tatal.

Sementara pada bagian pintu masjid memiliki makna tersembunyi. Lima pintu penghubung antar ruang menyimbolkan rukun Islam. Sedangkan enam jendela menandakan rukun iman. Bisa dibilang, hampir seluruh bagian Masjid Agung Demak memiliki makna tersendiri.

Di masjid Agung Demak, juga terdapat beberapa makam Sultan Demak dan para abdinya. Ada pula Museum Masjid Agung Demak, yang berisi sejarah riwayat berdirinya masjid ini terkait penyebaran Islam di Indonesia.

Tags: ,

Leave a Reply

KATA MEREKA