Sejarah Lahirnya Hari Olahraga Nasional

oleh pada Senin, September 9th, 2013 dilihat 708 kali

Mensana in core pore sano, di dalam tumbuh yang sehat tertaman jiwa yang kuat. Mungkin kata-kata tersebut sudah sering kita dengar ya. Nah, bagimana ya caranya punya badan yang sehat selain makan-makanan yang sehat juga? Jawaban adalah Olahraga.

Tahu nggak, kawan, kalau tepat hari ini, tanggal 9 september kita memperingati Hari Olahraga Nasional. Sebenarnya mulai kapan Hari Olahraga Nasional itu ada?

Nah,  Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diadakan pada tanggal 9 September 1948 merupakan PON  pertama Indonesia yang sekaligus diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional setiap tahunnya.

Pembukaan PON pertama ini diresmikan oleh Presiden Pertam Indonesia Soekarno, sedangkan acara penutupannya dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang menjabat sebagai Ketua Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) yang sejak 2007 namanya menjadi Komite Olimpiade Indonesia.

Peserta PON yang pertama ini bukan pada tingkat provinsi seperti sekarang lho, tapi pada tingkat Kota dan Karesidenan. Ada 13 partisipan yaitu Solo atau Surakarta, Yogyakarta, Bandung, Madiun, Magelang, Malang, Semarang, Pati, Jakarta, Kedu, Banyuwangi dan Surabaya. Waktu itu Kota Solo yang menjadi juaranya, dengan merebut 36 medali dari total 108 medali (emas, perak, perunggu).

Nah, PON pertama ini diikuti oleh sekitar 600 atlet yang bertanding pada sembilan cabang olahraga, seperti Atletik, Lempar Cakram, bulu tangkis, sepak bola, tennis, renang, Pencak silat, Panahan dan Bola Basket.

Foto: berbagai sumber

Tags: , , , ,

Leave a Reply

KATA MEREKA