MENU

‘Cabe-cabean’ Istilah Baru Kamus Gaul

oleh pada Kamis, Desember 19th, 2013 dilihat 1.489 kali

Remaja.suaramerdeka.com – Baru-baru ini di Jakarta sedang dihebohkan dengan istilah kata ‘cabe-cabean’ kawan. Entah mereka tahu atau nggak, yang pasti sebagian besar remaja sudah pernah mendengar istilah kata yang punya konotasi negatif itu. Nggak hanya di dunia nyata, namun di sosial media seperti twitter pun kini istilah itu semakin merambat populer. Nggak jauh berbeda dengan kata alay, kamseupay, atau yang lain.

Nah, sebenarnya makna kata cabe-cabean itu sendiri apa sih? Oke, kali ini Ekspresi Suara Remaja akan sedikit kulik apa itu cabe-cabean.

Awalnya cabe-cabean itu berhubungan dengan dua hal yaitu cewek dan motor. Biasanya istilah ini dipakai di dunia balap liar. Istilah ini dipakai oleh pebalap liar untuk mengistilahkan mereka para cewek-cewek yang seringkali ikut nongkrong di arena balap. Entah itu karena memang suka balapnya, pengen cari cowok yang jago balap dan punya motor kinclong, atau bahkan jadi bahan taruhan buat balapan. Buset!

Tapi kini makna cabe-cabean itu lebih menyebar luas dengan makna kata yang berbeda-beda namun konotasinya tetap negatif. Seperti yang dibilang salah satu penyiar radio terkenal di Indonesia, Abdul Gofar (@pergijauh), kalau cewek yang sok centil, kemana-mana pakai rok mini, perginya harus naik mobil, sok-sok jadi anak clubbing itu juga bisa dikatakan cabe-cabean.

Nah, dengan adanya kata cabe-cabean ini menandai bertambahnya kosakata bahasa gaul para remaja ‘maskin’ alias masa kini.

Foto&Referensi: Dok.health.liputan6.com, Hai-Online, @pergijauh

Tags: , ,

Leave a Reply

KATA MEREKA