ekskullRemaja.suaramerdeka.com – Banyak cara sekolah memberikan wadah bagi anak didiknya dalam mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa melalui ekskul.  Mengusung misi membawakan budaya dalam bentuk drama dan lagu, menjadi tujuan utama dibentuknya ekskul seni karawitan Sekolah Menengah Kejurusann Negeri (SMKN) 7 Palembang. Berbagai persiapan kini sudah dilakukan baik secara materi, perlengkapan alat hingga SDM.

Seperti yang kami kutip dari laman resmi SMKN 7 Palembang, ekskul ini di dirikan bermula seringnya keterlibatan siswanya mengikuti ajang-ajang seni drama dan musik baik tingkat lokal hingga Nasional. Motivasi tersebut menjadi alasan utama pihak sekolah untuk memberikan wadah kepada siswa Agar bisa berkontribusi meningkatkan prestasi sekolah.

Berbagai teater asal Palembang dan daerah lainnya yang berjenis tradisional seperti Dul Muluk, Lenong, Ketoprak, bisa digabungkan menjadi satu padu dengan penataan musik yang lebih menarik agar bisa diterima oleh masyarakat terutama dikelas okeh kalangan pelajar. Pun ngggak dipungkiri bahwa hal ini adalah bentuk akulturasi yang bisa dilakukan sama warga SMKN 7 Palembang.

Selain hanya untuk belajar tentang cara bermain alat musik tradisional dan menyalurkan minat serta bakat, lewat ekskul ini  secara nggak langsung para anggota karawitan telah memelihara kebudayaan lokal nih, kawan.

Wahhh… gilak! Ini nih baru namanya kearifan lokal. Karena teman-teman SMKN 7 Palembang saja sudah memulainya, kamu kapan bro?

Foto: berbagai sumber

 

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
2016
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar