PH5LtcadxYMC8d

Remaja.suaramerdeka.com – Asyik, sebentar lagi mau kuliah! Lebih asyik lagi kalau kuliah bareng pacar kali ya? Tapi…bakal menjamin masa depan cinta dan cita-cita kamu nggak sih?

Akur

Selama jurusan yang kamu dan dia pilih itu sama, memang seru kayaknya bisa kuliah bareng. Tapi belum tentu juga jauh dari risiko kan? Ketemu tiap hari, iya kalau akur terus. Bagaimana kalau pas lagi berantem? Dijamin deh…suasana kuliah bakal nggak enak dan nggak kondusif buat belajar. Nah, terus bagaimana ceritanya kalau memaksakan kuliah bareng si dia, sedangkan pilihan dia jauh banget dari cita-cita kamu. Kalau kamu menjalani sebuah hubungan, jangan pernah takut jarak, lalu mengorbankan sesuatu yang penting dalam hidup. Selama kalian bisa memanage hubungan dengan baik, mau kamu kuliah beda jurusan atau beda kota, nggak ada yang perlu dikhawatirkan deh kayaknya.

Apapun Atas Nama Cinta?

Tunggu dulu, cinta nggak pernah memaksa lho. Cinta itu justru membebaskan. Kalau memang dia sayang, kamu pasti bakal dikasih pilihan yang terbaik. Selain memikirkan apa yang terbaik buat kamu, si dia yang pengertian juga nggak mungkin memaksa kamu untuk melupakan cita-citamu. Kalau tujuannya biar setiap hari ketemu, nggak bakal sebanding dengan pengorbanan bertahun-tahun di bangku kuliah, menjalani kuliah yang sama sekali nggak diminati. Bayangkan deh tekanan batin tiap hari harus menerima kuliah tentang konstruksi baja padahal kamu lebih suka sama hal-hal fun di komunikasi! Ya, meski bisa ketemu sama dia tiap hari, belum tentu menyenangkan kan?

Jangan Takut

Cuma karena takut menolak ajakan pacar untuk kuliah bareng, terus kamu lupakan cita-cita yang dengan bangganya sudah kamu ceritakan ke semua orang untuk bisa kamu raih? Ingat, hidup nggak sekadar antara kamu dan dia, tapi juga orang-tua. Daripada menuruti kemauan pacar, lebih baik menurut sama orang-tua yang jelas-jelas memberi kontribusi nyata banget buat masa depan kamu, ya kan? Apalagi nih, orang-tuamu udah memberi kebebasan penuh untuk menentukan langkahmu ke depan, eh  kok malah kamu nurutin pacar? Pssst… kuliah sesuai cita-cita nggak cuma menentukan masa depan karier kamu lho. Nggak ada yang tahu kan siapa yang bakal kamu temui di tempat baru nanti. Siapa tahu ada gebetan yang cocok disana. Jadi, kalau pacarmu mengancam memutuskan kamu kalau nggak mau kuliah bareng dia, no worries!

Next Step?!

Sekarang rasanya pengin berhenti menganggukkan kepala pada tiap kemauan si pacar. Kuliah bisa jadi bekal buat masa depan kamu! Jangan sampai demi menuruti egonya, harus kehilangan kesempatan-kesempatan yang bisa kamu dapat. “Aku punya cita-cita!” Itu mantra yang harus selalu kamu ucapkan tiap kali kamu merasa bersalah buat nolak keinginan pacar untuk kuliah bareng. Bukannya ngajarin kamu buat balik egois dengan mementingkan diri sendiri, tapi ini memang soal masa depanmu sendiri. Pendidikan juga nggak bisa tawar menawar. Rasa sayang dan pengorbanan kamu nggak harus dibayar dengan masa depan kan? Kuliah bakal sangat menyenangkan saat dapat support dari banyak pihak. Buat pacarmu bisa fair dan mendukung cita-cita kamu. It sound much better!

Seindah apapun awalnya, bisa bareng sama pacar terus, kamu nggak bakal pernah menyangka apa yang terjadi di masa-masa kuliah. Karena nggak bisa menyerap kuliah yang kamu dapat, semua nilaimu jelek, dan apa yang terjadi selanjutnya? Kamu harus mengulang, dan nggak bakal bareng lagi sama pacar. So, pikir lagi ke depan, deh!

Foto: movieweb

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
3603
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar