original_1427636644510_vxn99q9f6r

Remaja.suaramerdeka.com – Ada kalimat yang menyebutkan kalau men are from Mars, women are from Venus. Apa ya artinya? Banyak orang yang bilang kalau cowok nggak pernah bisa mengerti cewek begitu juga sebaliknya, karena memang sifat dan watak cowok dan cewek itu berbeda. Hmmm…Apa benar begitu ya?

Struktur Otak dan Lingkungan Masa Kecil

Dari zaman purba, saat cowok dan cewek masih pakai baju seadanya, sudah ada peran yang dijalankan masing-masing gender ini. Cowok berburu dan cewek meramu. Cowok menjaga dan cewek memelihara. Nah, inilah yang kemudian di masukan pada masing-masing kebudayaanmu sampai sekarang. Dan munculah berbagai istilah kesetaraan gender, yang dari zaman ibu Kartini sampai sekarang diperjuangkan. Soalnya, cewek selalu dianggap lemah oleh kaum cowok yang doyannya ‘berburu’ itu.

Dalam perkembangannya, akhirnya ilmuwan menemukan, pertumbuhan otak cewek dan cowok sangat berbeda pada saat janin itu terbentuk. Struktur otak cewek, kemampuan buat bicara ada di bagian depan otak kiri dan sebagian kecil di otak sebelah kanan. Sementara cowok, kemampuan bicara dan bahasa itu bukan kemampuan otak yang kritis. Adanya cuma di otak kiri dan nggak ada area khusus. Otak cowok itu terkotak-kotak dan mampu membagi-bagi informasi yang masuk.

 Gambar vs Kata

Karena struktur otak cewek dan cowok seperti itu, jadi jangan heran kalau cewek senang ngomong soalnya kedua belah otaknya bisa bekerja sekaligus. Di malam hari, setelah seharian penuh aktivitas, cowok bisa menyimpan semuanya di otaknya. Sementara otak cewek nggak bekerja seperti itu. Informasi atau masalah yang diterimanya akan terus berputar-putar dalam otaknya. Dan ini nggak akan berhenti sampai dia bisa mencurahkan isi otaknya alias curhat. Makanya, kalau menjelaskan apa pun ke cowok, lebih baik pakai gambar, soalnya dengan struktur otak yang seperti itu, cowok akan lebih susah mengerti perkataanmu.

Tapi, dengan struktur otak yang terkotak-kotak, cowok punya keahlian baca peta yang bagus ketimbang cewek. Soalnya, tatapan mata mereka terfokus ke satu titik, nggak seperti cewek yang malah bingung melihat bentuk belokan-belokan di peta, atau berhenti sebentar buat melihat café baru yang oke buat masuk “list chill out place!”. Sekali lagi, cewek menggunakan dua sisi otak buat berpikir, makanya susah banget buat fokus!

Satu vs Banyak

Cewek bisa baca buku, kirim chat, telepon, bikin camilan sambil nyicipin dikit-dikit. Cowok? Nggak bisa! Soalnya mereka diciptakan untuk fokus ke satu titik. Makanya mereka beranggapan cewek itu makhluk Venus yang membingungkan. Sebentar mau sneakers MCKY, sebentar lagi mau Oxford Shoes. Cewek bisa memakai dua sisi otaknya secara bersamaan, cowok harus menggunakannya secara spesifik. Makanya, nggak heran kalau cowok pergi ke mal, langsung pergi ke tempat tujuannya dulu, baru mampir-mampir. Kalau cewek, mampir-mampir ke tempat seru, sambil mengarah ke tempat tujuan. Ini yang bikin cewek terlihat kurang praktis ketimbang cowok. Makanya, jangan coba-coba ngajak ngobrol atau nunggu balasan pesannya, waktu dia main game atau nonton. Pasti jawabannya, “Hmmm…” atau “Oke” tanpa noleh! Ingat, struktur otak!

Just Fun Fact!

  • Peralatan Mandi

Cowok: Butuh 5 macam aja, sabun mandi, shampoo, sikat gigi, odol dan sabun muka.

Cewek: Butuh lebih dari 10 macam! Selain sabun, shampoo, conditioner, nourishing and treatment, hair spa cream, lulur mandi, pembersih lidah, obat kumur, dll.

  • Penjemputan 

Cowok: “Aku ke sana sekarang.” Artinya, dia sudah di depan pintu rumahnya, jalan ke arah motor atau mobilnya.

Cewek: “Aku ke sana sekarang.” Artinya, siap-siap buat mandi, dandan, nyiapin barang yang harus dibawa, ngemil snack dikit, baru berangkat

  • Punya Kamera

Cowok: Punya kamera canggih yang bisa ‘ini itu’, sekaligus buat menyalurkan hobinya, kalaupun bisa dipakai buat foto diri, itu bonus!

Cewek: Nggak perlu yang canggih, kalau perlu cuma kamera handphone saja udah cukup kok. Kamera dipakai buat foto diri, entah itu foto bareng teman, keluarga, adik, kakak, saudara, kakek nenek. Dalam segala suasana, yang penting eksis dan ‘narsis’!

Foto: flotti

 

 

Tags: , , , , , , ,

LIKE AND SHARE!
2160
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar