cemilan manis

Remaja.suaramerdeka.comCake, cokelat, es krim adalah makanan yang bisa bikin kita nyesek kalau didiamkan begitu saja. Yup, enak banget memang, tapi hati-hati dengan cemilan manis yang satu ini, ya. Pasalnya berbagai macam jenis kue dan es bukan cuma memberikan efek buruk buat skinny jeans-mu saja, tapi juga buat kecantikanmu.

Berbagai unsur manis dalam cemilan, bisa mempercepat penuaan dini pada kulit lho. Parahnya, penuaan dini bukan persoalan satu-satunya. Mereka juga bisa meningkatkan kadar minyak dan memungkinkan untuk berkembangnya jerawat. Eew, ngeri kalau semua problem itu muncul bersamaan diwaktu dini!

Hal ini terjadi saat kadar gula darah berlebihan dan tubuh nggak cukup menciptakan hormon insulin, sehingga terjadi reaksi yang dinamakan glikasi. Glikasi adalah proses dimana gula mengikat protein, minyak, dan lemak yang ada pada kulit, lalu mengubah bahan-bahan natural tersebut menjadi AGEs (Advance Glycatin End-prducts). AGEs mempengaruhi hampir setiap jenis sel dan molekul dalam tubuh dan diduga menjadi salah satu faktor penuaan.

Menurut Nicholas Perricone, MD, proses tersebut menghambat gerak kolagen dan elastin, dua unsur penting yang bertugas menghasilkan kulit cerah, berkilau dan kenyal.

“kulit mulai berkerut, terlihat kusam, dan kehilangan kekenyalannya,” ucap Dr. Perricone.

Molekul-molekul ini juga masuk pada pembuluh darah, yang menghalangi bahan gizi menutrisi kulit, jelas dermatolog asal Manhattan, Macrene Alexiades-Armenakas, MD. “Asupan karbohidrat berdosis tinggi juga berkaitan dengan naiknya kadar minyak, meningkatkan kemungkinan untuk berkembangnya adult acne, atau jerawat pada kulit dewasa,” kata Dr. Alexiades-Armenakas.

Memang, satu atau dua potong kue nggak akan langsung merusak kulit. Namun, tubuh punya ingatan, dan menurut Dr. Perricone, glikasi merupakan proses kumulatif. Dr. Perricone juga menekankan, bahwa diumur 20 akhir lah saat dimana kita mulai merasakan efek buruknya. Selain menumpuk, kerusakan juga kian memburuk dengan bertambahnya usia.

Kedua dokter kulit tersebut menyarankan untuk mengkonsumsi apa pun secukupnya dan jangan berlebihan. Tapi sebaiknya kamu menghindari gula putih sama sekali. Nah, biarkulitmu tetap awet muda di usia akhir 20-an nanti, sebaiknya banyak mengkonsumsi sayur dan buah berantioksidan tinggi. Lebih baik lagi, gunakan juga perawatan kulit penuh antioksidan dalam ritual sehari-harimu. Bukan hanya melindungi kulit, namun juga mampu memacu kolagen dan elastin untuk bekerja kembali maksimal!

Foto: Eat This, Not That!

Tags: , , , , , , , , , , , ,

LIKE AND SHARE!
6177
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar