jurusan kuliahRemaja.suaramerdeka.com – Kuliah memang nggak bisa sembarangan, bro. Ibarat lagi ada di ladang ranjau, kamu nggak boleh asal melangkah gitu saja. Salah langkah sedikit, kelar hidupmu. Hahaha! Pun memilih jurusan kuliah. Nggak boleh asal pilih saja, bro. Apalagi kalau milih jurusan kuliah karena si doi. Sudah nggak jamannya kali bro. Anyway, kalau misal salah pilih memang kenapa sih, bro? Hmm… begini nih penjelasannya. Cekidots!

  1. Mood jadi ilang

Hal tersederhana dan mungkin yang pertama bakal kamu rasakan kalau misal salah jurusan tuh pasti mood jadi angin-anginan. Kadang semangat kadang nggak. Bahkan lebih banyak nggak semangatnya nih.

  1. Konsentrasi terganggu

Kalau mood saja sudah ilang-ilangan, gimana mau bisa konsen sama makulnya coba? Kalau sudah nggak konsentrasi nanti ujung-ujungnya apa yang kita dapatkan di bangku perkuliahan pasti sia-sia. Nggak akan ada yang kita pahami. Pun belajar juga percuma dong.

  1. Bakal sering ‘ngulang’

Kalau nggak konsen mengikuti makul, pasti efeknya nilai bakal jeblok. Syukur-syukur dapet C. Lha kalau pas dapetnya D. Ortu bisa ngomel-ngomel tuh. Kalau sudah begitu, kelar hidup, lo! Sudah dapet omelan ortu eh harus ngulang makul di semester berikutnya lagi. Huf!

  1. Keluar banyak biaya

Ini efek final nih. Gara-gara asal masuk jurusan kuliah yang mana kita nggak tahu juntrungnya. Kita nggak tahu asal usulnya, asal ikut usulan teman saja pokoknya. Jadinya bikin mood ilang, terus konsentrasi terganggu, setelah itu nilai jeblok, kuliah molor, dan dari situ pun kita jadi sering banget keluarin budget buat biaya kuliah. Yang tadinya kuliah cuma 8 semester, empat tahun, tapi gara-gara molor jadi 15 semester. Duh, kan sayang tuh. Rugi waktu, rugi tenaga, pikiran, dan rugi bandar. Hahaha!

Well,  semoga dengan artikel ini nggak ada deh ya guys dari kalian yang salah jurusan kuliah nantinya. Suwer bakal nyesel deh. Kalau pun sudah merasa salah jurusan ya jalani saja apa yang perlu dijalani. Yang penting kamu nggak salah saja sih milih aku *lohh. Hahaha!

Foto: berbagai sumber

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
3522
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar