varises-olahraga

Remaja.suaramerdeka.com – Apakah di kaki khususnya betis bagian belakang muncul urat-urat halus? Bisa jadi kamu terkena varises, kawan. Nah, varises adalah sebuah kelainan yang terjadi pada pembuluh darah balik (vena) yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung. Varises sendiri bisa menyebakan sirkulasi darah menjadi nggak lancar karena terhambat pada daerah sekitar betis dan tungkai saat menahan berat tubuh.  Varises ternyata bisa dipicu karena beberapa faktor lho, antara lain:

Faktor Keturunan

Varises biasa terjadi saat dewasa, yang disebabkan karena adanya perubahan hormon dan bertambahnya berat badan. Tapi untuk beberapa kasus yang terjadi pada usia muda kemungkinan besar disebabkan oleh faktor keturunan.

Kurang Bergerak

Inilah mengapa kasus varises banyak dialami masyarakat perkotaan. Gaya hidup perkotaan juga sering kali membuat kita menjadi kurang bergerak. Hal ini menyebabkan otot disekitar pembuluh darah vena menjadi nggak mampu memompa darah secara maksimal.

Terlalu Banyak Berdiri

Terlalu lama berdiri bisa membuat kaki terlalu berat menahan tubuh dan memperberat kerja pembuluh vena dalam mengalirkan darah. Tapi kalau memang kamu memiliki profesi yang mengharuskan kamu banyak berdiri, usahakanlah untuk nggak berdiri dalam posisi diam. Kamu bisa melakukan gerakan – gerakan kecil, seperti jalan di tempat, jadi otot tungkai bisa terus bekerja memompa darah ke jantung.

Memakai Sepatu Hak Tinggi

Hati – hati untuk kamu yang suka menggunaka high heels, girls. Penggunaan sepatu hak yang terlalu tinggi bisa membuat gerak otot tumit yang berfungsi membantu kerja pembuluh darah menjadi nggak maksimal.

Menderita Kolesterol Tinggi dan Jantung

Kedua jenis penyakit ini tentu memiliki hubungan yang erat dengan masalah peredaran darah jadi menyebabkan kelainan pembuluh darah dan kegemukan yang dapat memicu varises.

Foto: berbagaisumber

 

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
2178
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar