payudara_20160901_091452

Remaja.suaramerdeka.com – Setiap cewek memiliki puting susu yang berbeda-beda ya. Selain dipengaruhi oleh faktor genetika, kadar hormonal juga bisa mempengaruhi perbedaan bentuk dan warna puting payudara setiap orang, khususnya buat seorang cewek, kawan.

Nah, ada beberapa fakta unik mengenai puting payudara yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Apa sajakah fakta itu?

Puting Nggak Identik

Nggak ada puting manusia yang benar-benar identik, mulai dari bentuk, warna areola, dan ukurannya. Bahkan, puting kanan dan kiri bisa berbeda lho.

Radang dan Iritasi Puting

Nggak mengenakan bra khusus untuk olahraga atau sport bra, bisa membuat puting tergesek dan mengakibatkan radang, kering, lecet, hingga luka. Tapi kalau nggak berolahraga namun puting berubah warna menjadi merah, gatal, bersisik, atau mengelupas, sudah waktunya untuk periksa ke dokter ya.

Puting Memiliki Rambut

Kaget melihat ada rambut di sekitar puting? Tenang, girls, keadaan ini normal kok. Kalau pengin dihilangkan, bisa mencukur dengan hati-hati, tapi jika folikel rambut terasa sakit, tumbuh semakin besar, gatal dan bersisik, bisa jadi hal tersebut pertanda infeksi atau kanker.

Puting “Bersembunyi”

Sekitar 15% cewek memiliki puting yang masuk ke dalam atau terbalik sejak lahir. Hal ini terjadi karena ada jaringan ikat yang menarik puting ke dalam. Puting terbalik nggak berbahaya buat kesehatan, hanya saja akan menyulitkan ketika harus menyusui.

Triple Nipple

Puting tambahan sama sekali bukan sesuatu yang aneh, sebab 1 dari 50 cewek memilikinya. Biasanya puting tambahan ada di sekitar abdomen dan sering dikira tahi lalat atau tumor.  Salah satu selebriti yang punya third nipple adalah penyanyi Lily Allen.

Puting Normal Bergelombang

Di dalam puting terdapat folikel rambut, saluran dan kelenjar minyak untuk menghasilkan pelumas. Jadi  saat mendapati bentuk puting payudara yang seperti permukaan bergelombang, nggak perlu khawatir ya.

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
7002
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar