peel off vs exfoliator

Remaja.suaramerdeka.com – Komedo dan sel kulit mati selalu sukses membuat wajah kita tampak kusam. Dan berbagai macam perawatan pun ditawarkan untuk menjaga kecantikan kulit wajah dari dua ‘monster’ tersebut. Misalnya, exfoliation dan masker peel off.

Well, kedua jenis perawatan ini memang bisa membuat kulit lebih sehat dengan mengangkat para ‘monster’ tersebut. Lantas, apa perbedaan keduanya dan mana yang lebih baik ya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, kawan.

Exfoliation

Exfoliation bisa juga disebut dengan pengelupasan. Seperti namanya, exfoliation dilakukan untuk menyingkirkan sel kulit mati di wajah. Proses tersebut biasa dikenal dengan nama scrubbing. Hasilnya, kulit wajah akan menjadi lebih segar dan bersinar.

Ada banyak produk untuk exfoliation yang dijual di pasaran. Bentuknya bisa berupa krim atau gel yang digunakan dengan cara menggosokkannya pada wajah untuk menghilangkan sel kulit mati. Namun kamu juga bisa menemukan exfoliator alami dari dalam dapur seperti gula misalnya.

Exfoliation bisa dilakukan jika kulit wajah mulai terlihat kusam. Sebaiknya kamu memilih produk yang aman dan sesuai jenis kulit. Selain itu, exfoliation yang berlebihan juga nggak baik karena bisa membuat kulit menjadi tipis. Cukup satu minggu sekali atau dua kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Bagi kulit berjerawat, disarankan jangan melakukan perawatan ini karena akan melukai jerawat sehingga rentan terkena infeksi. Jika benar-benar dibutuhkan, lakukan scrubbing secara perlahan di area yang berjerawat biar nggak terluka dan jadi makin parah.

Masker peel off

Masker peel off maksudnya adalah masker yang dipakai pada kulit wajah kemudian dikelupas kembali setelah kering. Masker seperti ini cukup efektif mengangkat sel kulit mati, komedo, kotoran kulit bahkan rambut halus di wajah yang nggak diinginkan, juga memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Masker peel off lebih melembapkan kulit wajah daripada masker biasa. Sebab selain mengangkat sel kulit mati, masker jenis ini juga memberi nutrisi pada kulit wajah.

Pemakaian masker peel off untuk kulit kering sebaiknya menggunakan krim dengan partikel scrub. Sementara kulit normal dan berminyak disarankan untuk memakai masker peel off bentuk gel dengan partikel yang lebih besar.

Nah, setelah mengenal dua jenis perawatan ini, sudahkah memutuskan yang terbaik untuk masalah kulitmu?

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , , , , , , , , ,

LIKE AND SHARE!
3375
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar