kunyah-makanan-130716b

Remaja.suaramerdeka.com – Cara untuk menurunkan berat badan kadang sering bikin kita kerepotan ya. Dari mengurangi jumlah porsi makan, menunggu jam-jam tertentu biar bisa makan, sampai harus mengorbankan makanan favorit kita.

tapi ada cara diet yang gak bikin kepala pusing dan tetep bisa menyantap makanan favorit kita. Mengunyah makanan lebih lama ternyata bisa bikin badan langsing. Kok bisa? Menurut penelitian yang dilakukan oleh  Dr Xand van Tulleken seperti dilansir Alodokter, proses pengunyahan makanan yang cenderung lama bisa bikin kita makan lebih sedikit dari biasanya.

Dalam penelitiannya, dia membandingkan jumlah makanan yang dimakan ketika dikunyah sebanyak 15 kali dan 35 kali. Hasilnya menakjubkan. Peserta yang mengunyah makanan lebih lama, kenyang lebih cepat. Grup peserta yang mengunyah sebanyak 15 kali cenderung menghabiskan 468 kalori, sedangkan mereka yang mengunyah makanan sebanyak 35 kali merasa langsung kenyang hanya dengan 342 kalori.

Tulleken menjelaskan bahwa, ketika orang mengunyah lebih lama, terdapa hormon yang dilepaskan untuk memberi sinyal ke otak bahwa perut sudah merasa kenyang. Ini berarti diet dengan mengunyah makanan lebih lama terbukti efektif menurunkan berat badan dan nggak memiliki efek samping.

Foto: boldsky

Tags: , , , ,

LIKE AND SHARE!
2070
Terima kasih!
0
1
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar