setidaknya-ada-6-penyebab-susah-buang-air-besar-alodokter

Remaja.suaramerdeka.com – Sering merasakan kesulitan buang air alias sembelit, kawan?  Pastinya sembelit sering kali mengganggu aktivitas harian. Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang umum dialami banyak orang. Biasanya terjadi gangguan dalam sistem pencernaan. Hal tersebut ditandai dengan pergerakan isi perut yang nggak normal. Gangguan proses pencernaan di usus menghasilkan tinja yang bertekstur kering dan padat sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Nah, buat memperoleh pencernaan yang sehat, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan secara rutin dan teratur. Ada beberapa buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sembelit, apa saja?

Jeruk

Siapa yang nggak kenal dengan kepopuleran buah berwarna oranye ini. Sebuah jeruk ukuran besar mengandung sebanyak 4 gram serat dan menyediakan sekitar 86 kalori. Nilai gizi ini menjadikan jeruk sebagai buah untuk melancarkan BAB yang tepat karena mengandung serat tinggi.

Apel

Salah satu buah yang mudah dan banyak dijumpai di pasar, kios, atau toko buah umumnya adalah apel. Manfaat apel nggak hanya terdapat pada daging buah, kulitnya pun dapat dikonsumsi karena mengandung banyak serat. Serat alami pada apel berukuran sedang mencapai 3,3 gram.

Pir dan Kiwi

Pir dan Kiwi memang jarang ditemui dibandingkan jeruk dan apel. Kamu bisa mendapatkan pir dan kiwi di supermarket atau toko buah segar. Untuk ukuran yang kecil, sebuah pir mengandung sekitar 4,4 gram serat. Sedangkan buah kiwi termasuk golongan buah dengan tinggi serat dan rendah gula, jadi aman untuk kesehatan perut. Satu buah kiwi saja sudah memberikan 5 gram serat dan vitamin C dua kali lebih banyak dari angka kecukupan harian.

Nah, kamu bisa mengonsumsi tiga buah di atas buah untuk melancarkan sembelit secara langsung atau diproses. Tapi akan lebih baik lagi kalau dikonsumsi dalam keadaan buah masih segar ya. Nggak hanya itu saja, buah apel dan pir juga bisa diolah menjadi minuman jus. Dua jenis jus ini bisa meningkatkan kandungan cairan dan frekuensi pergerakan usus lho.

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , , , ,

LIKE AND SHARE!
1581
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar