133728-0_663_498

Remaja.suaramerdeka.com – Rasa frustasi bisa terjadi pada siapa pun dan kapan pun juga. Perasaan kecewa ini biasanya membuat kita marah, bingung, kecewa, cemas, dan perasaan gagal. Saat rasa frustasi menyerang, semua bakal terasa kacau dan nggak terkendali, bahkan sulit buat berpikir jernih. Lalu bagaimana cara mengatasinya ya?

Nah, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengakui rasa emosi dan frustasi yang alami, kawan. Boleh melampiaskan frustasi dan kemarahan, tapi dengan cara yang baik, kreatif dan produktif ya, misalnya jalan-jalan, berolahraga, berelaksasi, meditasi, bermain musik, menari, melukis, ataupun berlibur. Selain itu, ada langkah kedua yang bisa dilakukan untuk mengontrol emosi, apa saja?

1. Tenang dan kosongkan pikiran sejenak. Tenangkan diri  dengan menghela napas panjang secara teratur, pejamkan mata dan fokuslah pada hal yang membuat kamu merasa rileks ya. Selain itu, kamu bisa juga mengalihkan pikiran ke kegiatan lainnya, seperti bermain dengan hewan peliharaan atau bermain game.

2. Mencurahkan isi hati alias curhat pada teman yang kamu percaya atau yang mengalami hal serupa bakal sangat membantu. Ternyata menggerutu, mengeluh dan tertawa bersama bisa membantu menyingkirkan rasa frustasi.

3. Berbicara lantang pada diri sendiri dan menuliskan perasaan yangs edang dialami. Kamu bahkan bisa menggunakan perekam dan memutar kembali apa yang sudah kamu rekam, kawan. Ini akan membantu mendengar perasaan seolah-olah kamu sedang mendengarkan orang lain.

4. Mengidentifikasi masalah dan solusi yang memungkinkan, serta jangan terfokus pada hal yang membuat kamu frustasi dan marah. Nggak hanya itu saja, kamu juga bisa membuat daftar segala sesuatu yang menjadi masalah dan mengganggu. Kemudian pilih mana yang bisa diperbaiki atau diubah, dan catat juga cara untuk mengubah atau memperbaikinya.

5. Kembali ke masalah, tapi kali ini lakukanlah dengan tenang dan cara yang baru. Pilih dan buat keputusan yang realistis dan mentaatinya. Kemudian bertindaklah sesuai keputusan yang sudah kamu buat. Ini adalah salah satu langkah yang paling sulit tapi penting.

6. Berusahalah untuk nggak terlalu memikirkannya. Lakukan yang bisa kamu lakukan, apa pun yang bakal terjadi. Jangan menghabiskan waktu serta energi  pada hal tersebut. Tapi pikirkan tentang apa yang pengin dilakukan sekarang untuk menghilangkan rasa emosi tersebut.

Kawan, kita nggak bisa menghindari rasa frustasi dalam hidup, tapi kita bisa belajar untuk secara efektif mengelolanya. Mengelola perasaan frustasi mungkin nggak mudah, tapi pada akhirnya hal ini tetap harus dilakukan ya.

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
876
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar