HL

Remaja.suaramerdeka.com – Kata siapa student exchange selalu enak? Padahal kan kalau kita kaitkan sama teori kehidupan orang tionghoa yang mana mengajarkan Yin dan Yang, hidup itu seimbang. Nggak mesti yang enak tuh selamanya enak, pasti ada nggak-nya juga. Ibarat bahasa jaman sekarang tuh, relatif gitu bro. Sama kayak student exchange! Ya memang benar sih banyak enaknya, tapi sebenarnya kalau mau ditelaah juga ada lho nggak enaknya. Masak sih? Simak saja dulu deh mending nggak usah banyak cing cong. Hahaha!

  1. Bakal LDR-an

Kita bahas dari yang nggak enaknya dulu ya, bro. Kalau ikutan student exchange, pasti bakal LDRan sama orang tercinta. Entah itu orang tua, kakak, adik, adik-adikan, mantan, gebetan, sampai pacar. Nah lho… makan tuh LDR. Kangen-kangen lo. Hahaha!

  1. Uang jajan pas-pasan.

Namanya juga jauh dari rumah. Bahkan jauh diluar negeri sana. Pasti uang jajan pas-pasan. Yang kost di lingkup satu negara saja makannya cuma Indomie, apalagi yang diluar negeri.

  1. Bakal susah lagi buat makan pecel, karedok, ketoprak dan lain-lain.

Yang satu ini juga termasuk nggak enaknya dari terlibat dalam program student exchange, bro. Se enak-enaknya pizza, burger, dan makanan luar negeri lainnya, tetap pasti lidah orang Indonesia bakal kangen kok sama makanan asal mereka. Lama nggak makan pecel pasti juga akan pengin makan pecel, pun ketoprak dan karedok.

  1. Bisa mepelajari kultur orang bule

Nah, kalau tiga diatas sudah membahas nggak enaknya, sekarang giliran bahas yang enak-enaknya dong. Enaknya dari student exchange tuh kita bisa belajar banyak hal. Nggak melulu soal akademis, tapi non akademis kayak mempelajari kultur orang bule, dari mulai ethos kerja, sampai pola berpikir pun juga bisa.

  1. Syukur-syukur dapet gebetan bule

Siapa sih yang nggak pengin punya pacar bule. Nah, dengan cara kita menetap (cukup lama) disana dengan ikutan program Student Exchange, pasti juga secara otomatis semakin membuat lingkungan pertemanan kita. Nah, kalau lingkungannya sudah kebuka, pasti kemungkinan kita bisa selalu berhubungan dengan orang bule dan syukur-syukur jodoh. Hahaha!

Kalau misal beneran jodoh sama bule, lumayan lah ya buat memperbaiki keturunan. Masak iya kamunya nggak ganteng-ganteng amat pengin ntar keturunannya juga ikutan nggak ganteng. Hahaha! At least, begitulah kurang lebihnya antara enak dan nggak nya ikut student exchange. So, kamu pilih mana nih?

Foto: berbagai sumber

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
1494
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar