1

Remaja.suaramerdeka.com – Bertepatan dengan Hari Internasional Penghapusan Diskiriminasi Rasial yang jatuh pada 21 Maret 2017, Do Something Indonesia (DSI) meluncurkan gerakan #KitaIndonesia sebagai kampanye baru yang bertujuan untuk mengundang semua anak muda dari seluruh Indonesia untuk melawan dan menghapuskan diskriminasi rasial yang terjadi di sekitar kita.

Gerakan #KitaIndonesia dilaksanakan di 10 kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Makassar, Balikpapan, dan Batam. Anak muda dan komunitas serta organisasi lokal dari berbagai kota ini bersama-sama ingin meningkatkan rasa saling menghargai tanpa membandingkan ras, agama, suku, dan golongan. Do Something Indonesia percaya Bhinneka adalah yang membuat Kita Indonesia.

Gerakan ini terbagi atas dua jenis kegiatan, yaitu kampanye online yaitu kampanye yang dilakukan dengan mengikuti tantangan foto Group Hug bersama dengan teman-teman yang memiliki latar belakang berbeda baik etnis, suku, maupun agama dan mengunggah foto tersebut ke website (dosomethingindonesia.org) dan juga media sosial (Facebook & Instagram) dengan tagar #KitaIndonesia dimulai sejak 1 Maret 2017 di seluruh Indonesia. Kedua, Campaign Day Out yang merupakan program offline berkolaborasi dengan relawan dan anak muda di 10 kota di Indonesia untuk bergabung gerakan bersama (march) pada Minggu, 19 Maret 2017. Di Kota Semarang, kegiatan ini berkonsep parade yang menghadirkan pemuda dari berbagai komunitas berbasis sosial dan budaya.

2

“Lewat gerakan #KitaIndonesia, kami ingin anak muda Indonesia dapat menjadi agen perubahan sekaligus mempromosikan kedamaian dalam keberagaman. Harapan kami, gerakan ini tidak hanya diikuti oleh anak muda di 10 kota, namun juga di wilayah Indonesia lainnya lewat platform digital Do Something Indonesia,” ujar Firza Imam Putra, Chief Operating Officer YCAB Foundation.

“Acara yang dikemas dengan parade budaya bertujuan untuk menunjukkan kebanggaan anak muda sebagai warga Indonesia. Kami percaya bahwa diskriminasi rasial dan agama bisa di atasi dengan memastikan bahwa masyarakat Indonesia yang beragam dapat menjalin hubungan baik sehingga tidak ada lagi prasangka buruk,” tutup Rezha Bayu Oktavian, Program Specialist Do Something Indonesia.

Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) menaungi Do Something Indonesia, yang merupakan gerakan sosial mendunia yang ditujukan bagi anak muda untuk merespon permasalahan social melalui platform digital yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Do Something berawal dari New York, dan bergabung dengan NGOs dalam berkampanye secara internasional. Do Something dilahirkan pertama kali di Asia, yaitu di Indonesia.

Foto: dok. Do Something Indonesia

Tags: , , , , , , ,

LIKE AND SHARE!
2031
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar