IMG_9450

Remaja.suaramerdeka.com – Memasang kawat gigi bisa dikatakan sebagai proses perawatan gigi buat orang-orang yang memiliki permasalahan pada bentuk gigi yang nggak rata. Tapi beberapa waktu belakangan ini kawat gigi alias behel ini banyak dipasang hanya sekadar untuk tren saja, terutama para cewek.

Nggak ada yang salah dengan hal tersebut selama kualitas kawat gigi dipakai baik dan aman untuk kesehatan gigi dan mulut. Nah, permasalahan yang sering muncul pada pemasangan behel ini adalah jenis kawat gigi yang digunakan banyak yang nggak aman untuk kesehatan gigi dan mulut, selain itu banyak klinik-klinik yang menyediakan jasa layanan pemasangan behel dengan keahlian yang belum memiliki sertifikasi lho. Ternyata banyaknya efek samping yang bisa dirasakan para pengguna kawat gigi. Apa saja?

Baca juga: Mau Pasang Kawat Gigi? Yuk, Kenali Dulu Jenis-jenis Kawat Gigi

Gigi Goyah

Keadaan gigi yang secara terus menerus ditarik untuk mengikuti bentuk kawat gigi, tulang yang menyangga gigi bakal ikut berubah posisi mengikuti bentuk kawat gigi yang dipakai, jadi berpotensi membuat gigi goyah.

Bau Mulut

Pemasangan kawat gigi yang letaknya mengelilingi bagian tengah gigi sampai ke gigi paling belakang, membuat banyak kuman dan bakteri yang tumbuh dan berkembang karena sisa-sisa makanan yang terselip di antara kawat gigi. Sisa-sisa makanan menjadi tempat berkembangnya kuman dan bakteri dalam mulut, hal ini bakal menyebabkan timbulnya bau mulut yang nggak sedap.

Baca juga: Tahap-tahap Pemasangan Kawat Gigi

Gangguan Pencernaan

Penggunaan peralatan yang nggak seteril dalam proses pemasangan kawat gigi ini bisa mengakibatkan masuknya zat-zat berbahaya dalam tubuh yang tentunya bakal menimbulkan reaksi berbahaya dalam proses pencernaan.

Alergi

Kawat gigi yang terbuat dari berbagai macam logam, termasuk nikel dan kromium menyebabkan lebih dari 30% pengguna behel gigi mengalami alergi yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan tersumbat pada telingga mereka.

Nggak ada salahnya memasang kawat gigi kalau benar-benar dibutuhkan untuk proses perawatan gigi. Tapi kalau hanya digunakan untuk tren saja, dipikirkan matang-matang dulu ya.

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , , , ,

LIKE AND SHARE!
2427
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar