puting-payudara-pentil-nyeri-dada

Remaja.suaramerdeka.com  – “Kok puting payudaraku sebelah kanan dan kiri itu beda ya? Putingku kok belum tumbuh ya? Wajar nggak anak 14 tahun puting payudaranya belum tumbuh?”

Sebagai seorang remaja,  khususnya  remaja cewek yang sedang memasuki masa pubertas, pertanyaan tersebut sangat wajar. Memasuki usia puber sistem hormon yang mengatur tanda kelamin sekunder mulai menjadi aktif dan mematangkan organ target, termasuk salah satu diantaranya adalah payudara dan struktur jaringan yang menyusun bangunan payudara.

Pertumbuhan Payudara

Saat kanak-kanak, payudara anak laki-laki dan anak perempuan nggak menunjukkan perbedaan dalam bentuk maupun ukuran. Menjelang masa puber dimana hormon pengatur kelamin sekunder mulai aktif, lingkaran luar dari puting (areola) cewek mengalami perubahan menjadi sedikit lebih berwarna gelap dibandingkan dengan permukaan kulit di sekitarnya dan apabila diraba terasa ada gumpalan-gumpalan kecil yang terasa lembut.

Nah, pada masa awal perkembangan tersebut, bentuk payudara secara umum masih rata dengan dinding dada atau setidaknya belum terlalu menonjol. Dengan bertambahnya usia, struktur jaringan pembentuk payudara akan berkembang dan bentuk secara umum bakal lebih menonjol dari dinding dada. Pada perkembangan lebih lanjut, bangunan payudara menjadi semakin luas dan membesar. Secara umum bentuknya sudah menyerupai payudara wanita dewasa. Puting payudara akan terlihat menonjol dari bangunan payudara dan akan mencapai bentuk penuh pada usia sekitar 16 tahun.

Variasi Bentuk

Kadang, terjadi perbedaan pertumbuhan antara payudara kanan dan payudara kiri. Biasanya payudara kiri berukuran sedikit lebih besar daripada payudara kanan. Bentuk puting pun juga bervariasi. Ada yang secara jelas menonjol, ada yang nggak menonjol keluar dari struktur bangunan payudara. Pada masa puber, puting payudara yang nggak menonjol keluar, bisa jadi masa perkembangan belum sampai pada masa perkembangan penuh. Di masa perkembangan berikutnya, puting yang nggak menonjol dapat menjadi menonjol, namun bila tetap nggak menonjol sampai usia dewasa tentu perlu mendapat perhatian sebab akan menyulitkan pada waktu wanita tersebut menyusui bayinya.

Pengaruh Rangsangan

Puting payudara adalah organ erektil (dapat berdiri tegak atau mengeras oleh karena rangsangan seksual seperti apabila diraba atau bahkan sekadar membayangkan sesuatu yang membuat seseorang terangsang secara seksual). Contohnya, kalau terkena air dingin memang bakal mengecil dan mengeras disebabkan karena air dingin menyebabkan struktur jaringan menjadi mengkerut. Sedangkan kalau diguyur air hangat, akan terjadi sebaliknya.

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
4338
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar