HL

Remaja.suaramerdeka.com – Meskipun bukan menjadi penentu kelulusan lagi, tapi UNBK tetap digalangkan oleh pemerintah untuk mengukur pemerataan pendidikan di Indonesia. Sejak digalangkan pada tahun lalu, UNBK diharapkan menjadi ‘terapi’ bagi para pesertanya agar menanamkan sifat jujur. Nah, tahun ini sendiri UNBK mulai mendapat perhatian yang ekstra dari para warga Indonesia. Banyak yang pada akhirnya memilih melaksanakan UN dengan sistem yang baru ini. ya… meskipun ternyata masih banyak kendala, khususnya dari segi teknis sih. By the way, meskipun begitu, jika dibandingkan sebenarnya UNBK dan UNKP tuh punya kekurangan dan kelebihannya sendiri kok. Kalau bahasa jaman sekarangnya sih relatif gitu. Mau bukti? Nih!

  • UNBK
  1. Meminimalisir penggunaan kertas, mahal cyiint.

Kita mulai dari UNBK dulu. Ya, entah disadari atau nggak, sebenarnya dengan penggunaan sistem UNBK tuh secara nggak langsung kita juga telah meminimalisir penggunaan kertas dan pensil. Itu tandanya kita telah melakukan langkah kecil buat go green. Dan you knowlah kalau saat ini kertas tuh harganya lagi mahal.

  1. UNBK tuh praktis

Satu hal yang kadang bikin deg-degan kalau mengingat UN menggunakan lembar jawab computer tuh adalah “Hasilnya bisa ke scan atau nggak?”. Pasti kamu yang pernah mengikuti UN seperti itu pernah merasakan hal yang serupa. Harus melingkari sampai hitam, terlewat satu nomor belum diisi rumornya kertas nggak bisa ke scan dan nilainya pun nol. Kalau UNBK nggak ada hal seperti itu.

  1. Nggak perlu pakai pensil khusus

Kalau pakai lembar jawab computer nggak bisa pakai pensil sembarangan. Pensilnya harus 2B. Belum lagi penghapusnya yang juga harus khususon. Nah, kalau UNBK nggak mungkin dong pakai begituan lagi. Ya nggak?

  • UNKP
  1. Nggak perlu takut listrik padam

Seperti yang kita tahu kalau UNKP atau Ujian Nasional Kertas Pensil pastinya nggak mungkin terkendala sama listrik kayak UNBK. Nah, maka dari itu kalau pakai kertas kita nggak perlu was-was dengan kejadian listrik yang tiba-tiba padam. Apalagi kalau sampai konslet. Hedeh!

  1. Nggak ada acara minjem laptop

Selain tanpa listrik, UNKP juga tentunya nggak perlu sebuah laptop untuk bisa mengerjakan soalnya. Jadi nggak bakal ada tuh acara pinjam meminjam laptop murid. Hehehe!

  1. Jadwalnya (mungkin) nggak dibagi tiga sesi

Denger-denger kalau UNBK tuh dibagi menjadi tiga sesi. Pagi-siang-dan sore. Ya… alesannya sih karena keterbatasan komputer. Nah, karena UNKP nggak membutuhkan computer, jadi nggak bakal ada tuh kendala keterbatasan kepemilikan computer yang imbasnya sampai harus membagi menjadi tiga sesi dalam sehari UN.

Bagaimana kawan, sudah paham kan kalau UNBK dan UNKP tuh sebenarnya sama saja. Sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. So, mau UNBK ataupun UNKP yang penting jangan sampai lupa sama pendidikan dan jangan sampai lupa belajar ya, bro. Tetap semangat dan terus berkarya. Sekuts!

Foto: Ekspresi

Tags: , , , , , ,

LIKE AND SHARE!
1944
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar