c2dbbdb0-52e9-4991-93a5-641cc5f734b3

Remaja.suaramerdeka.com – Jerawat memang jadi masalah besar buat remaja seusia kita. Sudah ready buat dating sama gebetan, tapi tiba-tiba pas hari-H ada jerawat sebesar kelereng nangkring dengan manisnya di hidung. Wuaaaa! Rasanya kesal banget! Nah, supaya hal-hal seperti itu nggak terjadi, kamu wajib penyebab munculnya jerawat. Read it carefully, girls!

Menurut info yang akurat sampai mitos yang pernah ada, jerawat disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena bakteri, alergi, kurang tidur, makanan nggak sehat, aktivitas hormon, atau bahkan depresi dan stres. Semua hal itu konon katanya sudah terbukti secara klinis. Benar nggak sih?

  1. Hormon. Hormones is the number one cause of acne which is the production of sex hormones known as androgen that starts at puberty. Ini menjelaskan kenapa jerawat sering banget ‘hinggap’ di usia remaja. Selain itu, saat cewek mengalami Pre Menstrual Syndrome alias PMSjuga bikin hormon nggak seimbang dan akibatnya, timbul jerawat, deh.
  2. Stress. Dalam kondisi tertentu, stress may cause the production of hormones seperti cortisol, yang bisa memperparah kondisi jerawat. Saat tingkat hormon kita berada di tingkat tertentu, tubuh kita otomatis memproduksi minyak berlebih, yang akhirnya menimbulkan serangkaian ‘bencana’, seperti black heads, white heads, dan pimples.
  3. Make Up Tebal. Make up tebal sudah pasti menyumbat pori-pori kita dan menyebabkan kulit kita nggak bisa bernapas. Pakai kosmetik yang aman buat kulit, yaitu kosmetik yang mengandung moisturizers, pomades, petrolatum, oleic acid, vegetable oils, lanolin, butyl stearate, dan lauryl alcohol.
  4. Lithium. Beberapa obat mengandung zat ini yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.
  5. Vitamin Dosis Tinggi. Vitamin memang bagus buat tubuh dan bikin kulit kita terlihat cantik, tapi beberapa jenis vitamin ternyata bisa memicu timbulnya jerawat, seperti vitamin B1, B6, dan B12.
  6. Diet. Diet yang mengurangi karbohidrat dan gula ternyata bisa memperburuk keadaan jerawat lho.
  7. Over Abrasive Cleansing. Exfoliator yang kasar sudah pasti membahayakan jerawat kamu, bahkan bisa bikin infeksinya semakin menyebar.
  8. Memencet Jerawat. Memang susah untuk menghindari yang satu ini, tapi sudah jadi rahasia umum kalau memencet jerawat nggak akan membantu kamu menghilangkan jerawat dengan aman, yang ada malah menimbulkan bekas noda hitam atau bahkan scars di kulitmu yang cantik. Oh no!
  9. Polusi. Polusi buruk nggak hanya untuk kulit, tapi juga untuk kesehatan kamu secara keseluruhan.
  10. Gen. Hal yang satu ini nggak bisa kita hindari, soalnya faktor genetik memegang peranan penting buat kondisi tubuh kita.

Sudah tahu kan apa saja penyebab munculnya jerawat? Jadi jangan main-main sama si kecil yang satu ini. Salah sedikit, bisa bikin kamu nggak pede!

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
2847
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar