SMA IIRemaja.suaramerdeka.com – Bicara soal Ujian Nasional Berbasis Komputer alias UNBK pasti nggak bisa lepas dari yang namanya kondisi listrik. Ya, listrik memang menjadi satu hal yang paling diperhatikan saat UNBK ini. Karena tak sedikit juga beberapa sekolah yang akhirnya terkendala saat menggelar UNBK karena listrik yang padam. Nah, biasanya untuk mensiasati hal tersebut pihak sekolah menyediakan genset untuk tetap bisa menjalankan UNBK walaupun listrik padam.

Namun, berbeda dengan SMA Institut Indonesia. Melalui Bambang, selaku Wakil Kepala Kesiswaan SMA Instindo, secara blak-blakan pihaknya menyampaikan bahwa sekolah yang bermarkas di Jl. (alamat) tidak menyediakan genset karena keterbatasan biaya.

“Alhamdulillah UNBK di sekolah kami (SMA Instindo, red) sejauh ini berjalan dengan lancar, tidak ada kendala yang cukup berarti. Termasuk listrik yang padam. Soalnya kita nggak menyediakan genset karena keterbatasan biaya,” kata Bambang saat ngobrol via telefon.

Untuk mensiasati hal tersebut, pihak SMA Instindo bergabung dengan forum UNBK yang terdiri dari beberapa pihak Sekolah Menengah Atas di seluruh Semarang serta Proktor dan Teknisi. Jadi kalau misal terjadi hal apapun yang berkaitan dengan UNBK akan disampaikan dalam forum tersebut yang kemudian akan di follow-up oleh pihak Proktor dan Teknisi.

“Kebetulan kita ada forum UNBK, yang mana kalau misal ada kendal bisa di sampaikan dan kemudian dikondosikan. Ya memang agak molor, tapi cukup membantu kok. Tapi kalau memang pas listrik padam ya kami tetap siap menanggung resikonya,” imbuh Bambang.

Terkait soal sistem berbasis komputer, Bambang bilang kalau Ujian Nasional dengan sistem berbasis komputer ini lebih nyaman, meskipun terbilang cukup ribet.

“Sebenarnya lebih nyaman ya. Anak-anaknya bisa fokus ke soalnya masing-masing, ya meskipun kendalanya mata mereka harus dipaksa menghadap monitor terus serta agak ribet. Kayak harus menyediakan genset,” kata Bambang.

Wah… semangat ya buat teman-teman di SMA Institut Indonesia. Buat kamu yang saat ini juga sedang menjalani UNBK, semoga diberi kelancaraan ya, kawan. Semangat!

Foto: berbagai sumber

Tags: , , , ,

LIKE AND SHARE!
4797
Terima kasih!
1
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar