gggg

Remaja.suaramerdeka.com – Hore akhirnya selesai juga Ujian Nasional, dan kamu sudah dinyatakan lulus. Tapi kok malah campur aduk rasanya ya setelah lulus sekolah. Hmmm…Jangan sampai rasa yang campur aduk itu justru buat kamu stress pasca kelulusan lho. Biar Ekspresi menjelaskannya untuk kamu. Yuk mari!

Tanda-tanda Kamu Depresi

Mungkin kamu nggak menyadarinya, tapi perlu waspada juga kalau mengalami:

  • Susah banget buat tidur, padahal biasanya kalau sudah “bau bantal” langsung nyenyak. Atau justru terlalu sering tidur.
  • Hobi yang tadinya menyenangkan buatmu, sudah mulai nggak menarik.
  • Nggak menemukan hal apapun yang menarik untuk mengisi waktu.
  • Sesuatu yang sebenarnya gampang buat dikerjakan, jadi susah banget.
  • Nggak punya selera makan atau justru makan terus, susah berhenti.
  • Pikiran negatif selalu muncul terus dan terus di kepalamu.
  • Gampang tersinggung, gampang nangis, tapi juga gampang banget senang, sampai bikin orang-orang di sekitarmu berpikir kamu lagi PMS berkepanjangan.
  • Malu buat keluar rumah, kumpul sama keluarga dan sahabat.

1. Senang!

Memang sudah seharusnya kamu merasa senang melewati masa-masa ujian yang berat. Congratulations, you entered the next level of academic life! Tapi, nggak cuma hasil kelulusan saja lho yang penting, proses kamu meraihnya juga harus dirayakan.

So WHAT?

Corat coret seragam, mengecat rambut, naik motor sampai rokmu ikut pameran paha, konvoi keliling kota buat merayakan kelulusanmu bukan cara yang elegan. Orang lain yang tadinya ikut senang karena kelulusanmu, jadi nggak bersimpati dan justru menilai kamu negatif. Akhirnya, justru omongan negatif orang terhadapmu, bikin kamu stress.

Rasa senang ini boleh kamu luapkan dengan cara yang positif kok, mulai menyumbangkan seragam sekolah sampai meminjamkan buku-buku pelajaran yang udah kamu beli ke adik kelas atau orang yang lebih membutuhkan.

2. Sedih

Mungkin hasilnya nggak seperti yang kamu harapkan, mungkin kamu tamat tapi nggak lulus, mungkin juga kamu ikut merasa sedih karena sahabatmu atau pacarmu nggak lulus.

Status lulus dan nggak lulus, sayangnya bikin perbedaan yang cukup jauh buat kamu dan teman-teman.

So WHAT?

Ibu tetap memasak, bapak tetap harus kerja, pasar tetap buka, sekolah tetap menerima murid baru, angkot tetap berjalan, matahari tetap bersinar, dengan atau tanpa kamu menangis meraung-raung. Sedih boleh-boleh aja, tapi jangan terlalu larut. Masih ada hari esok yang harus dihadapi, masih ada ujian yang bisa diulang, dan masih ada tempat dimana kamu bisa melanjutkan cita-citamu. You can cancel your dream but can’t erase it.

Daripada kamu sedih karena pacar atau sahabat nggak lulus, justru lebih baik bantu mereka belajar atau carikan informasi soal tempat dimana mereka bisa melanjutkan impian mereka.

Ortumu akan merasa lebih sedih kalau kamu stress dan depresi akibat status “NGGAK LULUS”-mu daripada hasil ujian itu sendiri. Percaya deh, mereka akan tetap mendukungmu apapun yang terjadi kok. Asalkan jangan sia-siakan dukungan mereka dengan lari dari rumah, mengurung diri di kamar bahkan berpikir untuk bunuh diri! Cita-citamu masih terbentang luas di hadapanmu!

3. Kecewa

Nilaimu nggak sebagus yang lain? Atau, kamu nggak lagi jadi juara sekolah? Atau, pacarmu nggak mau ambil sekolah atau universitas yang sama? Atau kamu harus menunggu lama untuk legalisir berkasmu, sedangkan pendaftaran sekolah bakal ditutup sebentar lagi.

So WHAT??

Hey, santai saja! Semua orang juga sedang menunggu berkas dan kamu nggak sendirian. Pacarmu nggak bisa ambil jurusan yang sama? Bahkan memilih studi di kota yang lebih jauh lagi, bahkan sampai keluar negeri bukan berarti hubungan kalian terancam putus kan? Kecuali kalau kamu yang mengakhirinya lebih dulu. Jadi, selama kamu berusaha untuk mempertahankan hubungan, nggak ada yang harus dikhawatirkan.

Nilaimu nggak lagi jadi juara? Please…sebenarnya arti terpenting dari ujian adalah prosesnya, bukan hasilnya. Meski kamu nggak lagi jadi juara, bukan berarti kamu nggak punya teman, kan? Lagipula, masih banyak kok teman-teman yang lebih nggak beruntung ketimbang kamu.

4. Bingung

Nilai segini mau daftar sekolah kemana? Harus jauh dari pacar atau lebih baik dekat-dekat saja? Putus dulu atau nggak? Jauh dari ortu, bisa nggak ya? Dimana kamu harus cari alternatif universitas atau sekolah? Dimana kamu harus cari tempat kos? Mau kerja dimana setelah lulus universitas? Bisa nggak ya mengatur uang…bla bla bla…

So WHAT??

Bingung di tempat nggak menghasilkan jawaban apa-apa lho. Sekarang saatnya kamu bergerak. Kemana? Ke sumber informasi terdekat dong! Ini dia sumber informasimu:

  • Kakak kelas yang kuliah atau sekolah di tempat tujuanmu.
  • Pameran pendidikan di sekolah lain sering diadakan. Cari info sebanyak-banyaknya ya?
  • Internet dong! Universitas yang bagus pasti menyediakan Kalau nggak ada? Coba Facebook!
  • Orang tua. Yup! Kadang ortu punya pendapat yang pas buat pilihan sekolah.
  • Magang kerja atau freelance bisa jadi salah satu alternatif buat kamu yang baru lulus kuliah. Jangan sampai

Hilangkan Stress Pasca Kelulusan

Menganggur dan nggak melakukan apa-apa sebelum pengumuman penerimaan? Bisa bikin stress tuh!

  • Baca novel, biografi tokoh ataupun buku motivasi yang bisa membuatmu berpikir positif dan terinspirasi.
  • Belajar memasak, berkebun, fotografi, desain, menyanyi, main gitar, atau apapun yang kamu sukai (baca:hobi). Ini kesempatan untuk mengembangkan bakatmu lho!
  • Travelling ke tempat saudara. Kenapa? Selain bisa memperat tali silaturahmi, kamu bisa refreshing di tempat yang baru tanpa harus keluar uang banyak. Betul kan?
  • Bikin bisnis kecil-kecilan. Mulai online shop sampai kursus desain grafis, cetak undangan atau souvenir ulang tahun boleh juga tuh!
  • Magang di perusahaan kecil. Jangan mengharapkan magang di posisi yang tinggi ya. Bisa juga kamu magang di kantor bapak sebagai sekretaris pribadinya. Hihihihi.

Stress setelah kelulusan mungkin saja terjadi. Tapi, kamu harus ingat, seberat apapun beban pikiranmu, kamu masih punya keluarga, sahabat dan teman yang menyayangimu apa adanya. Ceritakan bebanmu ke mereka, dan percaya, pasti ada jalan untuk semua masalah.

Jadi, malam ini, tidurlah dengan nyenyak!

Foto: berbagaisumber

 

Tags: , , , ,

LIKE AND SHARE!
1011
Terima kasih!
0
1
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar