phpiizghe_resized

Remaja.suaramerdeka.com – Terlahir jadi cewek memang istimewa. Cewek punya banyak hal yang nggak bisa dihindari sepanjang hidupnya. Mulai dari menstruasi tiap bulan, hamil, melahirkan. Belum lagi masalah setiap bulannya, dari soal siklus menstruasi yang kadang-kadang kurang teratur, nyeri perut yang bikin mood berantakan, dan masih banyak lagi.

Nggak cuma itu saja, cewek juga rentan terkena penyakit. Cervical cancer alias kanker serviks salah satunya. Kanker ini lebih dikenal dengan kanker leher rahim. Gejala penyakit ini nggak terlalu kelihatan menonjol. Seringkali cewek merasa nggak perlu periksa ke dokter kalau nggak ada keluhan, tapi sekali periksa tiba-tiba sudah menderita kanker serviks stadium lanjut. Nggak heran kalau penyakit ini berhasil menempati urutan pertama dari 10 jenis kanker yang paling mematikan wanita di Indonesia, huffftt…

Kenapa Bisa Kena?

Kanker serviks bisa disebabkan karena infeksi Human Papilloma Virus atau HPV. Kanker ini bisa mucul dari banyak faktor hubungan seksual terlalu dini dibawah 20 tahun, bergonta-ganti pasangan, merokok aktif, diet yang nggak beraturan, dan kekurangaan vitamin A, C dan E. Kalau kamu nggak pengen kena kanker ini, jauh-jauhlah dari faktor pemicunya. Tapi sedihnya penyakit ini nggak bisa dihindari kalau kita mendapat gen dari orang tua kita yang terkena kanker serviks juga.

Bisa Kok Dicegah

Saat ini kita sudah bisa bernafas lega, soalnya kanker serviks bisa dicegah dengan cara vaksinasi. Vaksinasi ini bakal lebih maksimal hasilnya kalau disuntikkan ke kita saat masih berumur 10-14 tahun, ataupun belum menikah. Jadi mulai sekarang ajak mama atau kakak cewek kamu buat vaksinasi HPV untuk mencegah datangnya kanker serviks ke tubuh kita. Selain itu, kalau kamu sudah sering keputihan yang berlebihan, siklus menstruasi berantakan, segera ke dokter untuk periksakan dirimu ya.

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
9798
Terima kasih!
0
1
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar