penyebab-kecanduan-gadget

Remaja.suaramerdeka.com – Bangun tidur buka Path menulis status, ganti profile picture, mau mandi sempatkan posting di Twitter dulu, sebelum tidur nggak pernah melewatkan utak-atik laptop cuma sekedar buka Facebook. Sambil makan nggak pernah mau meninggalkan handphone demi untuk up date Instagram dengan teman. Astaga, apakah ini yang dinamakan kecanduan?

Ada banyak sinyal yang menunjukkan kamu sudah jadi pecandu internet. Biar nggak terlambat, kenali tandanya sekarang juga.

  1. Nggak bisa lepas dari segala macam gadget yang berinternet.
  2. Panik luar biasa saat nggak ada sinyal, karena artinya kamu nggak bisa online.
  3. Kamu rela nggak jajan hari ini hanya untuk membeli pulsa internet.
  4. Males nonton TV di ruang keluarga, lebih baik akses Youtube lewat handphone.
  5. Lebih nyaman main game online daripada jalan-jalan dengan teman-teman kamu.
  6. Facebook, Twitter, dan segala macam social networking udah jadi teman baik kamu.
  7. Setiap 10 menit sekali kamu sediakan waktumu untuk browsing entah lewat handphone, PC, laptop dan lain sebagainya, .

Kalau kamu sudah menandai setidaknya empat poin di atas, kamu sudah termasuk mengalami kecanduan online internet. Jangan dikira kecanduan itu cuma drugs, rokok atau minuman keras, ternyata menurut  Gary Smal, M.D  seorang pakar psikologi dari UCLA Center on Aging at the Semel Institute for Neuroscience & Human Behavior, teknologi bisa mendorong kita untuk selalu menggunakannya terus menerus. Semakin sering kamu menggunakannya, semakin kamu tertarik ke dalamnya. Wih!

Bingung Cara Melepaskannya?

Kalau kamu sudah mengalami ketergantungan dan ingin melepaskannya, kamu bisa mengikuti saran-saran para ahli dari University Of Texas At Dallas ini.

  1. Teman Nomor Satu

Bergaul dengan banyak teman. Semakin kuat hubungan kamu dengan teman-teman semakin berkurang keinginanmu untuk berinteraksi dengan internet. Soalnya kamu sudah sibuk sendiri dengan teman-temanmu. Dengan syarat, saat kamu jalan bareng mereka, pastikan handphone dan gadget berinternet kamu masukkan ke tas dan nggak perlu diutak-utik dulu.

  1. Ganti Hobi

Kalau awalnya kamu pakai internet buat hiburan karena udah suntuk dengan tugas-tugas kamu yang super banyak, cobalah cari hobi lain. Kamu bisa coba bersepeda, atau olahraga lari yang sekarang sedang menjadi tren dan masih banyak lagi. Pastinya nggak bersinggungan sama sekali dengan internet ya.

  1. Batasi Waktu

Kalaupun kamu belum bisa berubah 100%, awali dengan membatasi waktu online kamu. Bikin jadwal kapan kamu harus online. Tapi pastikan jadwal itu kamu patuhi, jangan kamu langgar sendiri.

Kecanduan internet, memang rentan terjadi di dunia yang sudah serba canggih ini. Apalagi sekarang gampang banget untuk bisa mengakses internet. Kapan saja dan dimana saja. Kunci sebenarnya cuma satu, disiplin! Kalau kamu bisa displin menggunakan internet, kamu bakal bisa merasakan manfaat internet itu tanpa harus menggunakannya secara berlebihan sampai kecanduan.

Foto: berbagaisumber

 

 

Tags: , , , ,

LIKE AND SHARE!
1026
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar