Penyebab-Hipertensi-Di-Usia-Remaja

Remaja.suaramerdeka.com – Pasti kamu sudah tahu penyakit tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi ini. Biasanya penyakit ini sering diderita orang yang umurnya diatas 25 tahun. Tapi jangan salah, di seumuran kita juga bisa kena lho. Be very careful!

Apa Itu Hipertensi?

Penyakit ini adalah kondisi medis dimana terjadi peningkatan tekanan darah yang ada di tubuh kita dalam jangka waktu yang lama. Biasanya tekanan darah penderita hipertensi bisa mencapai 140/90 ke atas. Penyakit ini bisa memicu penyakit lain yang berbahaya kayak stroke dan serangan jantung. Kalau tekanan darah naik harus segera istirahat karena bila terus beraktivitas bisa berbahaya. Wuih… seram ya!

Apa Penyebabnya?

Penyebab hipertensi dibagi menjadi dua. Pertama, hipertensi primer, adalah hipertensi yang belum diketahui penyebabnya.Penyebabnya bisa banyak tapi biasanya karena penyakit keturunan dari keluarga. Kedua, hipertensi sekunder, kalau yang ini udah diketahui penyebabnya. Biasanya hipertensi sekunder disebabkan penyakit lain yang memicu tekanan darah jadi naik secara kronis.  Hipertensi juga bisa disebabkan oleh berat badan yang berlebih, minuman beralkohol, dan gaya hidup yang nggak sehat.

Tanda-tanda orang yang terkena hipertensi, antara lain sering pusing, leher bagian belakang terasa pegal, Gampang capek, kadang gampang sesak nafas secara tiba-tiba dan kalau pada penderita hipertensi berat, orang itu bisa nggak sadarkan diri. Hiiii….ngeri.

Bisa Terkena

Memang benar kalau penyakit ini sering menyerang orang-orang yang seumuran dengan orang-tua kita. Tapi jangan salah, seumuran kita juga bisa terkena hipertensi. Bisa dikarenakan keturunan atau depresi. Stres atau depresi di usia remaja bisa disebabkan oleh masalah yang berat. Karena belum mampu menghadapi dan kepikiran terus. Ini memicu tekanan darah jadi naik. Nah, kalau ada masalah sekecil apapun mendingan dibicarakan dengan sahabat atau keluarga dan jangan terlalu dipikirkan. Penyebab satu lagi adalah pola makan yang nggak sehat. Juga jangan terlalu sering makan junk food karena memicu penyakit ini. So, mulai sekarang jaga pola makan yang sehat dan perbanyak menu sayuran setiap harinya.

Mencegah Hipertensi

Kita juga bisa mencegahnya kok, dengan cara:

1. Tidur yang cukup, 6-8 jam setiap hari.

2. Banyak olahraga. Jogging 2 putaran di kompleks rumah udah cukup kok.

3. Mulai sekarang hindari makanan yang berkolestrol tinggi kayak junk food, daging berlemak, atau jeroan. Nggak baik buat kesehatan.

4. Minum minyak ikan yang mengandung omega-3 bisa menurunkan tekanan darah.

5. Rutin minum multivitamin yang kandungan kalsiumnya tinggi. Udah terbukti kalau kalsium membantu menurunkan tekanan darah juga.

Well, sudah lihat kan bahaya hipertensi. Makanya always stay healthy dan biasakan olahraga rutin, kawan.

Foto: berbagai sumber

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
1329
Terima kasih!
0
1
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar