air-mata-ilustrasi-_120520210711-537

Remaja.suaramerdeka.com – Menangis adalah hasil ungkapan perasaan seseorang saat merasa sedih, terharu, atau bahagia. Seseorang yang menangis sering dinilai sebagai orang yang cengeng dan lemah. Cewek masih dianggap wajar mengungkapkan perasaan dengan menangis, tapi biasanya cowok malah mendapat cap cengeng dan lemah saat menangis.

Tahu nggak, kawan, kalau tubuh manusia akan menghasilkan tiga macam air mata. Nah, jenis air mata ini memiliki fungsinya masing-masing lho. Apa saja jenis-jenis air mata?

Air Mata Refleks

Air mata refleks terjadi saat mata kemasukan sesuatu. Air mata ini bakal berfungsi untuk membersihkan mata dari partikel-partikel yang berbahaya seperti asap atau debu.

Air Mata Terus Menerus

Air mata ini bakal terus diproduksi oleh mata secara teratur untuk melubrikasi mata. Air mata tipe ini memiliki kandungan lysozyme yang berfungsi sebagai anti bakteri yang melindungi mata dari infeksi. Nggak hanya itu, air mata ini juga akan melewati hidung melalui saluran khusus demi menjaga biar daerah tersebut tetap lembap dan bebas bakteri.

Air Mata Emosional

Air mata ini sedikit berbeda dari air mata refleks yang 98 persen terdiri dari air. Air mata emosional mengandung hormon-hormon yang diproduksi oleh tubuh ketika stres.

Di balik tetesan air mata, ternyata ada manfaat menangis yang bisa didapatkan lho. Mau tahu apa saja manfaat dari menangis? Tunggu di artikel berikutnya ya.

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
1062
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar