huffingtonpost-1

Remaja.suaramerdeka.com – Semua orang pastinya pernah menangis. Menangis bukan hanya disebabkan karena rasa sedih, tapi juga bisa karena faktor lain. Menangis sebenarnya adalah luapan emosi dan perasaan dari dalam jiwa. Beberapa orang mengatakan kalau dengan menangis, perasaan bakal lebih tenang dari sebelumnya. Tahu nggak, kawan, ternyata menangis memiliki beberapa manfaat yang nggak banyak diketahui oleh banyak orang.

Selain sebagai cara mengungkapkan perasaan, sebenarnya ada beberapa manfaat menangis yang bisa dirasakan. Apa saja?

Melepaskan Stres

Pada air mata emosional, hormon stres bakal dikeluarkan saat sedang menangis. Racun lainnya yang menumpuk saat mengalami stres juga dikeluarkan. Nggak hanya itu, studi lain menunjukkan kalau menangis bisa merangsang hormon endorfin yang merupakan pembunuh rasa sakit alami yang dapat membuat merasa lebih baik.

Meningkatkan Mood

Manfaat menangis juga bisa menurunkan kadar mangan dalam tubuh seseorang. Pada dasarnya, mangan yang berlebih dalam tubuh bakal memengaruhi suasana hati, seperti perasaan cemas, gelisah, dan gangguan-gangguan emosi lain. Terutama untuk air mata yang dipicu oleh emosi, di dalamnya terkandung protein albumin lebih tinggi yang bermanfaat untuk membawa molekul-molekul kecil.

Baca juga: Wih! Ternyata Ada 3 Jenis Air Mata, Apa Saja?

Melegakan Perasaan

Banyak orang yang mengakui merasa lebih baik setelah menangis. Apalagi bagi mereka yang sedang frustrasi, berkabung, dan mengalami hari yang buruk.

Membantu Melalui Situasi Sulit

Manfaat psikologis dari menangis adalah meningkatkan suasana hati dan membantu Anda menghadapi situasi yang menyulitkan atau menyakitkan.

Walalupun punya banyak manfaat, tapi menangis tetap nggak boleh berlangsung secara berkepanjangan lho. Selain itu, meluapkan emosi melalui tangisan pun lebih baik dilakukan di tempat yang tepat biar nggak berdampak kepada suasana hati. Jangan menangis di tempat umum kalau nggak pengin merasa malu ya. Tahan air mata dan pergilah ke tempat lain yang nyaman untuk menangis.

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , ,

LIKE AND SHARE!
1236
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar