how-to-eat-more-fruits-and-veg

Remaja.suaramerdeka.com – Buah dan sayur merupakan makanan yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Masing-masing warna pada buah dan sayur pun memiliki manfaat tersendiri. Ternyata ada delapan warna makanan yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Check this one out!

Merah

Ini bisa kita dapatkan di semangka, tomat, jambu biji dan jeruk bali. Vitamin A, E, dan betakaroten pada buah-buahan ini bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker terutama prostat, sebagai antioksidan, mengatasi diabetes, dan mencegah osteoporosis. Wah, ini bagus banget buat kita cewek-cewek yang rentan akan penyakit osteoporosis.

Jingga

Bisa kamu dapatkan di wortel dan jeruk. Kandungan vitamin C-nya bisa berfungsi untuk mencegah kanker, menurunkan kolesterol, meningkatkan metabolisme, meningkatkan fungsi otak dan penyembuh luka. Asyik, kita bisa jadi smart!

Kuning

Kandungan vitamin A-nya bisa kita dapatkan di pisang, jeruk, nanas, mangga, markisa, ubi kuning, dan nangka yang bisa mencegah osteoporosis dan mengatur tekanan darah. Bye-bye anemia…

Hijau

Bisa kita dapatkan dari bayam, apel hijau, kiwi, dan daun selada. Sayuran dan buah-buahan ini bisa bermanfaat sebagai penyedia Hemoglobin, antibakteri, anti peradangan, dan pembentuk sel darah merah.

Biru

Didapat dari mikroalga spirulina. Kandungan vitamin D-nya dapat membantu produksi sel darah merah dan putih, anti radang dan sebagai antioksidan. Sssttt… vitamin D juga bisa kita dapatkan dari sinar matahari pagi lho! Sekali-kali berjemur di bawah sinar matahari antara jam 6 – 9 pagi yuk.

Ungu

Bisa kita dapatkan dari terong, kol ungu, anggur merah dan bawang merah. Makanan-makanan ini bermanfaat sebagai antioksidan, menghambat diabetes, anti inflamasi (gangguan fungsi organ tubuh) dan sebagai pelindung otak dan pembuluh darah.

Putih

Siapa bilang vitamin C cuma bisa kita dapatkan dari jeruk? Sumber serat vitamin C juga bisa kita dapatkan dari sawi putih, tauge, sirsak, duku, bawang putih dan bawang bombay. Makanan ini punya manfaat sebagai anti kanker.
Hitam

Jangan dulu berpikir kalau warna hitam itu racun. Justru warna hitam bisa menyelamatkan kesehatan kita. Tinta cumi, cincau hitam dan teh hitam, semuanya sebagai sumber serat yang bermanfaat sebagai antioksidan.

Foto: berbagaisumber

 

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
987
Terima kasih!
0
1
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar