28967GL2

Remaja.suaramerdeka.com – Cegukan memang menjadi umum yang bisa dialami semua orang ya. Salah satu cara menghilangkan cegukan biasanya dengan minum air putih. Tapi bagaimana ketika cegukan saat puasa seperti sekarang ini, kawan?

Nggak perlu membatalkan puasa dengan sengaja minum air putih kok. Ada banyak cara buat menghilangkan cegukan saat puasa. Apa saja caranya?

Tahan Napas

Selain minum air atau menelan makanan, ternyata menahan napas juga ampuh untuk menghilangkan cegukan lho. Coba ambil napas dalam dengan hidung lalu tahan napas selama kira-kira sepuluh detik. Kemudia hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi sampai tiga atau empat kali. Kalau cegukannya belum hilang, kalian bisa mengulanginya lagi setiap dua puluh menit.

Bernapas Dalam Kantong Kertas

Menghilangkan cegukan bisa dilakukan dengan menggunakan kantong kertas. Caranya juga gampang banget, hanya perlu menyiapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat. Tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung lalu bernapaslah dalam kantong tersebut. Tanpa disadari, karbon dioksida itu akan membuat otot diafragma melemas dan cegukannya jadi hilang.

Duduk Memeluk Lutut

Kalau cegukan belum hilang juga, bisa mencoba teknik duduk menekuk lutut. Posisi ini akan memberikan tekanan pada area diafragma biar udara yang terjebak bisa keluar. Duduklah dengan posisi kaki ditekuk lalu peluk bagian lutut. Condongkan badan ke depan seperti mau meringkuk dan tahan posisimu selama dua menit.

Pijat Area Ulu Hati

Otot-otot diafragma yang menjadi lokasi cegukan memang letaknya persis di bawah ulu hati. Tepatnya di atas perut. Beri tekanan lembut pada area tersebut dengan ujung jari-jari. Lakukan selama 20-30 detik atau sampai cegukannya hilang. Tapi nggak perlu terlalu kuat ya memijatnya.

Sengaja Batuk

Menghilangkan cegukan juga bisa dilakukan dengan sengaja batuk lho. Cobalah sengaja batuk di sela-sela cegukan sebelum cegukan selanjutnya. Kalau bingung, kalian bisa batuk sekeras mungkin kalau merasa cegukan akan muncul lagi. Kalau perlu ulangilah cara ini hingga empat kali atau cegukannya benar-benar hilang.

Tutup Hidung, Telinga dan Mata

Caranya letakkan kedua jempol tangan ke flap kecil yang ada di bagian depan saluran telinga. Lalu tekanlah ke dalam untuk menutup kanal. Selain itu, pakai kedua jari kelingking untuk menutup hidung dari dua sisi lalu tutuplah mata kalian. Ambil napas dalam-dalam dan coba tahan selama kalian mampu. Dengan begitu cegukan bisa hilang dengan mudah.

Mengageti Tubuh

Lakukan sesuatu secara tiba-tiba seperti mendadak berdiri untuk membuat tubuh kalian terkejut. Bisa juga dengan meminta orang lain untuk mengejuti atau menggelitik badanmu. Karena sensasi kejut dan geli mampu mengalihkan perhatianmu dari cegukan.

Selamat mencoba, kawan!

Foto: berbagaisumber

 

 

 

 

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
1044
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar