donor-darah-bantu-turunkan-berat-badan-lho-4EpxlAfmuO

Remaja.suaramerdeka.com – Donor darah di bulan puasa? Hah, Yang benar saja! Badan kita bakal tambah lemas dong. Kawan, donor darah pada saat puasa akan menambah lemas badan itu hanya mitos kok. Sebaliknya, ada banyak keuntungan yang bisa didapat untuk kita kalau mendonorkan darah, malah badan kita akan lebih sehat lho.

Hal yang harus diperhatikan adalah timing atau waktu, nggak boleh dilakukan sehabis sahur dan dianjurkan dilakukan sekitar jam lima sore atau setelah selesai berbuka puasa. Hal lainnya adalah banyak minum air putih, jus buah dan sayuran setelah melakukan donor darah. Banyak keuntungan yang bisa kita dapat dari donor darah pada saat puasa. Mau tahu? Yuk simak.

Bisa Murunkan Berat Badan
Nah, siapa yang sedang diet? Untuk kamu yang sedang melakukan program diet, bisa dicoba untuk mendonorkan darahnya nih. Dengan melakukan donor darah maka sekitar 450 cc darahnya akan diambil dan terjadi proses pembakaran kalori sebanyak 600 kalori. Hal itu tentu saja akan berpengaruh pada penurunan berat badan, kawan. Donor darah bisa menurunkan berat badan sekitar setengah kilogram. Orang yang rutin donor darah biasanya berat badannya akan terkontrol dengan baik lho.

Darah Menjadi Lebih Sehat
Di dalam tubuh darah akan terus dibentuk setiap 120 hari atau sekitar empat bulan. Kalau ada sebagian darah yang dikeluarkan melalui donor darah maka tubuh akan bereaksi membentuk darah baru yang tentu lebih sehat dibanding dengan darah yang sebelumnya ada di tubuh.

Mental Menjadi Lebih Baik
Orang yang mendonorkan darahnya pada orang lain akan merasa bahwa dia sudah berbagi pada orang lain. Nah, secara psikologis mentalnya juga akan lebih baik karena bisa menolong orang lain dan ini nggak bisa dinilai harganya. Orang yang kurang darah akan merasa hidup kembali saat menerima darah, jika kita merasa seperti itu maka pendonor akan merasa bersyukur  sudah bisa berbagi dengan orang lain.

Mencegah Menumpuknya Zat Besi Dalam Tubuh
Zat besi yang terlalu lama berada di dalam tubuh akan membuat jumlahnya semakin meningkat atau tinggi, sehingga bisa berpengaruh buruk pada proses kelainan jantung. Tapi kalau kita mendonorkan darah maka zat besi berlebih ini akan dikeluarkan oleh tubuh dan kadarnya jadi terkontrol dengan baik lho.

Chek Up Kesehatan Gratis
Siapa sih yang nggak suka gratis. Kalau kita mendonorkan darah, sekaligus bisa mendapatkan chek up kesehatan gratis lho, seperti tekanan darah, berat badan, kadar hemoglobin (Hb). Sekarang nggak ada alasan untuk takut lagi berdonor darah pada saat puasa. Yang penting tetap sahur, banyak minum, konsumsi sayur dan buah serta tidur yang cukup dan jangan begadang, kawan.

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
753
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar