nangis

Remaja.suaramerdeka.com – Sejak kecil kita sudah banyak tahu tentang mitos-mitos saat puasa ya. Tapi kemungkinan besar sebagian dari  mitos itu juga ada yang salah lho. Waktu kecil, kita dengan mudahnya menganggap kalau mitos itu benar. Karena sudah beranjak dewasa sebaiknya harus mengetahui dan mencari fakta dari mitos itu ya, kawan.

Nah, ini dia beberapa mitos yang sampai sekarang masih berkembang dan melekat dalam masyarakat.

Menangis Membatalkan Puasa

Mitos ini terjadi untuk menakut-nakuti anak-anak yang sedang berpuasa. Misalnya anak kecil terjatuh kemudian menangis lalu orangtuanya mengingatkan agar nggak menangis suapaya puasanya nggak batal. Sebenarnya mitos ini nggak salah kawan tapi kalau dibawa sampai dewasa ya jadinya salah. Lain halnya kalau menangis lalu air matanya tertelan nah itu baru batal puasanya.

Marah Membatalkan Puasa

Ini juga mitos yang perlu diperhatiakan lagi ya, kawan. Puasa nggak hanya menahan haus dan lapar saja tapi juga menahan hawa nafsu lho. Membuat marah menjadi membatalkan puasa adalah ketika marah tnggak dapat mengendalikan diri dan mengontrol diri sehingga melakukan suatu hal yang nggak baik seperti berkata-kata kotor, menyakiti, atau melukai orang lain.

Kentut Dalam Air Membatalkan Puasa

Ketut di dalam air dikhawatirkan bisa membuat air masuk kedalam dubur yang menyebabkan puasa menjadi batal karena ada benda masuk kedalam tubuh. Tapi perlu diperhatikan, dalam proses pengeluaran kentut yang terjadi adalah mengeluarkan gas bukan menyerap. Jadi ya nggak bikin puasa kalian jadi batal.

Jadi jangan pernah lagi membawa mitos-mitos yang salah itu ketika sedang berpuasa. faktanya yang membuat puasa batal adalah memasukan sesuatu ke mulut sampai tenggorokan jadi kalau cuma marah, kentut atau menangis sih nggak bakal bikin puasa kalian batal kok.

Foto: berbagai sumber

Tags: , , , , , , , , ,

LIKE AND SHARE!
849
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar