73663-bagaimana-cara-tetap-langsing-walau-suka-makan-banyak

Remaja.suaramerdeka.com – Mau tahu bagaimana caranya sahur dan buka puasa biar nggak lemas tapi juga nggak terlalu full? Ekspresi punya tips-tipsnya. Simak ya!

1. Makan secara teratur waktu buka puasa dan sahur dengan menu seimbang. Pastikan di piring kamu tersedia nasi, lauk pauk yang terdiri dari protein, lemak dan sayur. Jangan lupa makan buah setelahnya. Pastikan sayur menempati porsi terbanyak, karena mengandung cukup serat untuk menahan lapar dan memperlancar pencernaan.

2. Jangan lupa minum yang cukup. Minum tujuh sampai delapan gelas sehari, terdiri dari tiga gelas waktu sahur dan lima gelas dari buka sampai sebelum tidur.

3. Ingat angka ajaib 50, 10 dan 40 dalam pembagian makan. 50 persen untuk berbuka, 10 persen setelah salat tarawih, dan 40 persen pada waktu sahur. Jadi jangan mentang-mentang buka langsung balas dendam dengan makan yang banyak ya.

4. Pilih makanan manis untuk berbuka kayak kolak pisang, kurma, atau teh manis. For your informations, makanan manis mengandung karbohidrat yang mudah diserap dan segera menaikkan kadar gula darah.

5. Waktu makan sahur, usahakan menunya sama kayak waktu buka, tapi usahakan porsinya lebih kecil.

6. Tambahkan segelas susu atau suplemen multivitamin waktu sahur untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

7. Ganti nasi dengan roti isi atau bubur havermouth, ditambah segelas susu kalau nggak bisa makan nasi waktu sahur.

8. Nah, kalau suka telat bangun sahur, makan saja nasi plus telur mata sapi dan tahu tempe. Trus tutup dengan buah-buahan dan air putih.

9. Kalau di tengah-tengah puasa kamu merasa capek dan lemas, coba konsultasikan dengan dokter.

10. Jangan langsung minum air dingin waktu buka, coba ‘pancing’ dengan minuman yang hangat, soalnya perutmu bisa kembung karena saat puasa asam lambung yang terbentuk dalam tubuh semakin banyak.

11. Beristirahatlah sekitar satu jam sebelum buka puasa, untuk memberi keseimbangan pada pencernaan.

Hindari!!!!

1. Ketan, mie, ikan, sayuran mentah, sayuran berserat,minuman bersoda dan bumbu yang tajam, seperti cuka, cabe dan asam kalau kamu punya riwayat sakit maag. Jenis makanan-makanan tadi bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.

2. Makanan manis yang terlalu banyak seperti sirup, coklat dan es krim buat kamu yang kelebihan berat badan. Lebih baik mengkonsumsi sayur, buah dan daging tanpa lemak. Usahakan lebih banyak makanan yang direbus, kukus atau bakar.

3. Sayuran berserat kasar seperti daun singkong dan pepaya buat kamu yang terlalu kurus. Tambahkan saja porsi susu yang kamu minum. Pasti badan bakal lebih segar!

Foto: gettyimage

Tags: , , , , , ,

LIKE AND SHARE!
1134
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar