Remaja.suaramerdeka.com –Setelah sebulan penuh berpuasa, akhirnya kita akan bersenang gembira di hari kemenangan. Wah, pastinya bakalan seru dong. Banyak yang harus disiapin, misalnya saja, baju baru? Sudah. Kue-kue? Sudah. Dompet kosong? Sudah, buat tempat THR nantinya. Hihihi.

Tapi, tahukah kamu, kalau sebenarnya bukan itu saja yang harus siap di hari lebaran nanti. Ceritanya, pas lebaran kita menjadi orang yang suci kembali seperti bayi yang baru dilahirkan, jadi itulah momen yang pas buat maaf-maafan, meski seharusnya setiap kesalahan harus minta maaf saat kejadian itu juga. Namun, kita tetap perlu saling memaafkan.

Jadi, persiapan yang harus dibuat adalah bagaimana cara memaafkan yang baik. Yuk, ikuti cara-cara berminta maaf di bawah ini sesuai dengan objeknya:

Orang yang Lebih Tua

Orang tua. Merekalah yang seharusnya pertama kali mendapat permohonan maaf dari kita. Yup, yang wajib adalah bapak dan ibu kita, mereka adalah orang yang selalu menemani kita, tempat kita minta tolong dan membuat berbagai permohonan. Tentunya, banyak sekali kesalahan yang diperbuat baik secara langsung atau nggak. Nah, cara yang tepat untuk memohon maaf pada mereka, yaitu dengan sikap sopan santun yang baik, jangan lupa menggunakan tata krama, juga bahasa yang bagus dan mudah dipahami. Contoh tradisi jawa dalam bermaafan dengan orang tua adalah sungkeman. Mungkin kesalahan yang diperbuat nggak  bisa disebutkan satu persatu, namun mereka bakalan mengerti kok.

Saudara yang Lebih Tua

Yang dimaksud saudara lebih tua adalah kakak. Nah, buat orang yang satu ini, kita bakal sedikit merasa canggung atau ragu-ragu. Iyalah hampir setiap hari kan sering berantem atau musuhan. Lupakan rasa canggung itu, karena di hari Lebaran nanti, bakal ketahuan nggak akur, dan itu nggak baik. Saat itulah kita berdamai dengannya. Nggak masalah kalau minta maafnya dengan bahasa agak belepotan, yang penting ikhlas dan kakak bisa tahu apa yang kita sampaikan. Damai kan lebih baik. Peace!

Teman Sebaya

Inilah sarana gampang buat minta maaf, SMS. Nggak seperti objek minta maaf lainnya yang harus bertatap muka langsung, dengan teman sebaya, kita bebas mengekspresikan cara berminta maaf. Kita dapat mengirim SMS dengan berbagai bahasa, bisa juga menggunakan puisi atau pantun. Mereka bakal senang mendapatkan SMS dari kita, apalagi kalau kedua belah pihak dapat bertemu. Just feel free with them, tapi jangan lupa minta maaflah dengan hati yang ikhlas ya.

Adik

Adik atau siapapun orang yang umurnya lebih muda, jangan remehkan untuk meminta maaf  ke mereka, meski mereka nggak sebaya, pastinya kita pernah berbuat salah sama mereka. Mesikpun adik yang sedang kita beri permohonan maaf nggak mengerti, kita tetep berusaha agar kesalahan bisa dimaafkan. Mudah saja bermaafan dengan mereka, dengan ucapan padat,”Dik, maafin kakak ya!” Mereka sudah senang kok.

Nah, siapapun orangnya, kalau kita pernah berbuat salah dengan mereka, kita harus berminta maaf dengan ikhlas dan nggak tanggung-tanggung. Selamat Lebaran, kawan.

Foto:chatelaine

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
822
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar