desayuno-equilibrado

Remaja.suaramerdeka.com – Duh, susahnya menahan nafsu makan waktu lebaran! Mana bisa kita menolak ketupat opor, sambel goreng hati sama rendang yang begitu menggoda. Terus efeknya, badan kita melar lagi deh. Sebal! Tapi tenang, ada jurus buat mengatasinya kok!

Batasi Kalori

Ya, memang susah untuk menghindari makanan yang rendah kalori dan rendah lemak saat lebaran, soalnya kebanyakan pasti mengandung santan. Nah, ini pilihan buat kamu, untuk tetap nekat makan banyak ataupun membatasinya. Kalau Ekspresi Suara Remaja sarankan lebih baik kamu membatasi asupan kalori dan menjaganya tetap normal.

Coba pilih menu sayuran yang berserat, buah dan salad. Boleh makan opor, asal kuah santannya nggak terlalu banyak dan kulit ayamnya dibuang. Oh iya, pilih daging ayam bagian dada karena lemaknya sedikit

 ‘Curangi’ Perutmu

Maksudnya berbuat curang disini adalah sebelum kamu mulai makan besar, lebih baik kamu curi start dengan makan buah yang banyak mengandung serat, semangkuk sayur atau minum air putih yang banyak. Kalau kamu nggak suka buah, sayur atau minum air, kamu bisa menggantinya dengan jelly atau agar-agar. Dengan begitu perutmu pasti udah agak terisi dan saat kamu mendekati meja makan, rasa laparmu sudah sedikit berkurang. Selain itu buah serta sayur yang sudah kamu makan akan menambah jumlah vitamin dan mineral dalam tubuh.

Makan Dengan Santai

Saat mengunyah, lakukan dengan perlahan. Soalnya kalau kita mengunyah terburu-buru, otomatis kan makanan masuk ke perut lebih cepat, maka kita bakal lebih banyak memasukkan makanan dalam mulut. Akibatnya nggak terkontrol dong. Makanya kasih ektra waktu buat mengunyah dan menelan. Biar makanan yang masuk ke lambung kita enggak terlalu banyak.

Hindari Ronde Kedua

Oke, rendang di meja itu emang to die for enaknya. Tapi apa iya kamu perlu nambah cuma untuk memuaskan nafsu makanmu? Ok, it’s time for you to think twice. Perlukah kamu melakukan ronde kedua? Kalau kamu merasa perutmu sudah cukup membuncit. Rasanya kamu cukup punya alasan untuk nggak melakukannya.

Ambil Makan Sendiri

Kamu yang tahu porsi dan kemampuan makanmu sendiri, makanya jangan biarkan dirimu bermanja-manja dan menunggu orang lain mengambilkan makan buat kamu. Lagian biasanya kalau makanan diambilin orang, porsinya relatif lebih banyak. Kalau kamu yang ngambil sendiri kan jadi kamu bisa membatasi sendiri. Lagian dengan bergerak mengambil makan kan bisa membakar sedikit kalori dalam tubuh. Iya nggak?

Beraktivitas Ringan

Habis makan besar, coba ajak mama, papa serta seluruh saudara kamu untuk jalan-jalan ke tetangga untuk silaturahmi. Selain bisa mempererat hubungan, menambah pahala, juga bisa membakar kalori dari makanan yang kamu konsumsi. Kalau nggak memungkinkan untuk silaturahmi dengan tetangga, manfaatkan adik atau keponakan kamu yang masih kecil untuk diajak bermain bersama. Dijamin setelah itu badan dan pikiran jadi fresh.

Don’t Forget to Work Out

Libur panjang lebaran bukan berarti libur dari olahraga dong. Nah, hari ketiga lebaran kan biasanya aktivitas silaturahmi sudah berkurang, makanya manfaatkan hari itu untuk berolahraga. Lakukan minimal 30 menit. Pilih olahraga yang fun buat kamu. Bisa jalan-jalan, jogging, fitness, bersepeda atau berenang. Dengan banyak beraktivitas, godaan buat ngemil pasti berkurang.

Memang makanan istimewa dan libur panjang bisa bikin kita lupa diri akan kesehatan dan kebugaran tubuh. Makanya mulai sekarang cobalah untuk lebih peduli dengan tubuhmu sendiri. Jurus-jurus di atas bukan cuma bertujuan agar tubuhmu langsing, tapi juga menghindari berbagai penyakit seperti diabetes, kelebihan kolesterol dan juga jerawat lho. Semoga di hari yang fitri ini iman dan kesehatan kita bisa bertambah ya. Amin!

Foto: berbagai sumber

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
1380
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar