Plata

Remaja.suaramerdeka.com – Momen Lebaran tentu saja merupakan momen yang membahagiakan dan sangat dinantikan. Selain berkumpul bersama seluruh keluarga besar, Lebaran juga menjadi momen untuk mudik dan menikmati liburan bersama keluarga ya.

Sudah menjadi rahasia umum kalau setelah Lebaran kondisi keuangan bakal menjadi lebih sulit. Nah, sudah saatnya buat kita mulai merapikan kembali kondisi keuangan yang telah terpakai, biar kondisi keuangan pasca Lebaran menjadi sehat kembali. Bagaimana caranya?

Evaluasi Pengeluaran

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan mengecek ulang pengeluaran yang lakukan selama Lebaran. Cara ini bisa mengetahui di pengeluaran mana yang menghabiskan uang paling banyak. Hal ini berguna sebagai bahan evaluasi jadi kamu nggak mengalami kesulitan keuangan yang sama pasca Lebaran pada tahun berikutnya.

Atur Ulang Pengeluaran

Setelah mengevaluasi pengeluaran selama Lebaran, kamu bisa melakukan mengatur ulang pengeluaran untuk hari-hari selanjutnya. Buat daftar kebutuhan yang sangat diperlukan dan terapkan penghematan terhadap hal-hal yang bisa dikurangi.

Semenatara tahan dulu keinginan untuk membeli barang dan hangout bersama teman. Kamu juga bisa mengisi weekend  dengan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya dengan menonton DVD, atau berkumpul bersama keluarga.

Isi Kembali Tabungan

Godaan selama Lebaran memang menjadi salah satu biang keladi terkuarasnya tabungan. Mulailah mengisi kembali tabungan yang menipis dengan memangkas anggaran yang nggak terlalu dibutuhkan. Sebaiknya kamu menyisihkan dana tabungan terlebih dulu dan nggak menunggu sisa pengeluaran buat ditabung.

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , ,

LIKE AND SHARE!
1065
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar