shutterstock_307019948

Remaja.suaramerdeka.com – Saat malam hari merasa lapar,makan mie instan bisa dirasa jadi solusi yang pas, selain itu bisa menghindari nasi yang dianggap bisa menggemukkan badan. Apa benar? Yuk, Ekspresi ajak kamu bandingkan antara kalori yang ada pada mie instan dan nasi dengan berat yang sama.

Dalam satu bungkus mie instan sebanyak 70 gram, terhitung mengandung 370 kalori. Sementara, nasi putih dengan berat yang sama, hanya mengandung 91 kalori lho. Ternyata kandungan kalori mie instan lebih dari tiga kali lipat nasi. Hal tersebut membuat kemungkinan mie instan menyebabkan tubuh lebih cepat gemuk, kalau dibandingkan nasi, kawan.

Apalagi kalau Menyajikan mie instan dicampur dengan telur atau bahan-bahan lainnya, seperti sosis, kornet, atau keju yang lebih menambah kandungan kalori. Bahkan yang lebih ‘Indonesia banget’ adalah mencampurkan mie instan dengan nasi, jadi kalori yang terkandung menjadi berlipat-lipat. Buset! Padahal dalam satu hari kebutuhan kalori wanita dewasa hanya sekitar 1.800-2.000 dan pria dewasa sekitar 2.200-2.400.

Nggak hanya itu saja, selain kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi, mie instan yang biasa disajikan dengan kaldu instan umumnya memiliki kandungan sodium atau garam yang tinggi lho. Dalam satu bungkus satu mie instan biasanya mengandung sodium 1.080 mg atau sekitar 45% dari kebutuhan keseluruhan sehari, dalam setiap kemasan seberat 91 gram.

Padahal asupan sodium yang berlebihan punya resiko membahayakan tubuh, salah satunya dapat memperberat kerja ginjal. Sodium yang menumpuk dalam tubuh juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan gagal jantung. Aduh!

Nah, ada baiknya pilihlah makanan yang lebih bersahabat untuk tubuh kita ya, kawan.

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , , , , ,

LIKE AND SHARE!
2193
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar