zit

Remaja.suaramerdeka.com – Jerawat memang jadi masalah besar buat remaja seusia kita. Sudah ready buat dating sama gebetan, tapi tiba-tiba pas hari-H ada jerawat sebesar kelereng nangkring dengan manisnya di hidung. Rasanya kesal banget! Nah, supaya hal-hal seperti itu nggak terjadi, kamu wajib baca kamus jerawat Ekspresi kali ini. Read it carefully!

Apa Sih Sebenarnya Jerawat Itu?

Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang nggak normal dimana terjadi infeksi dan radang pada kelenjar minyak pada kulit manusia. Biasanya minyak dan lapisan kulit mati yang nggak dibersihkan akan menyumbat pori-pori dan membentuk komedo. Jerawat nggak hanya bisa muncul di wajah aja lho, tapi juga bisa muncul di bagian lain seperti punggung, dada, lengan, kaki, bahkan pantat! Hiii… nggak mau kan?

Perawatan yang nggak tepat justru akan berakibat bertambah parahnya jerawat, dan yang paling parah, akan menimbulkan bekas pada kulit. Oh no! Jerawat yang masih ringan umumnya relatif mudah dikendalikan dengan nggak mengorek-ngoreknya, menjaga kebersihan kulit dan rambut secara rutin, menghindari faktor-faktor pemicu munculnya jerawat dan nggak perlu menggunakan berbagai macam produk anti-jerawat. Soalnya, penggunaannya yang nggak tepat atau nggak cocok dengan kulit justru bakal memperparah jerawat yang ada. Tapi nggak perlu panik, Eskpresi bakal kasih tips tepat supaya kamu bisa terhindar dari ‘monster’ yang satu ini.

Rajin Membersihkan Muka

Rawat wajah kita sebaik mungkin dengan membuatnya tetap bersih. Kenali jenis kulit kita dulu ya, sebelum memilih sabun dan pembersih wajah. Sering membersihkan wajah akan sangat baik terutama setelah bepergian ke tempat yang berudara kotor, debu, dan polusi. Kalau perlu sisihkan uang jajan untuk facial setiap sebulan sekali.

Untuk pembersih muka, pilih sabun yang khusus untuk kulit wajah, setelah itu jangan lupa cairan pembersih wajah atau toner dengan PH normal/PH balanced supaya bisa mengangkat kotoran wajah dan minyak yang menempel. Dibandingkan kapas, kain lap bakal lebih baik membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori muka.

Gaya Hidup Sehat

Lifestyle kamu juga harus dijaga ya, dengan makan makanan yang bergizi, seperti sayur dan buah-buahan. Jangan makan makanan yang mengandung minyak, pengawet, penyedap rasa, dan sambal. Hindari juga makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak dan kolesterol seperti keju, susu full cream, gorengan, dan lain-lain.

Satu lagi yang nggak boleh ditinggal, olahraga. Olahraga yang teratur, nggak begadang, nggak merokok, dan yang paling penting, not doing drugs. Ini berfungsi untuk membantu tubuh kita tetap memiliki immune system yang baik dan maksimal. Hindari zat radikal bebas yang dapat ditemukan di mana-mana serta halangi dampak radikal bebas meracuni tubuh kamu dengan minum teh atau lainnya yang mengandung antioksidan.

Dokter Spesialis Kulit

Kalau jerawat terus membandel dan tetap nggak mau hilang setelah melakukan berbagai tindakan pengobatan sendiri, next step adalah dengan konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mendiskusikan jerawat yang kita miliki. Dokter akan membantu menghilangkan jerawat serta meminimalisir terbentuknya noda hitam bekas jerawat pada wajah.

Biasanya dokter akan memberikan obat antobiotik kalau jerawat kita meradang dan bernanah. Ikuti petunjuk dokter dengan baik agar antibiotik nggak malah membuat kuman jerawat menjadi kebal obat-obatan. Oh iya, jangan menggunakan obat jerawat sembarangan, soalnya malah bisa memperparah keadaan jerawat.

Sudah tahu kan bagaimana cara menanggulangi jerawat yang baik dan benar, jadi jangan main-main sama si kecil yang satu ini. Salah sedikit, bisa bikin kamu nggak pede seumur hidup! Satu lagi yang paling penting, jangan pernah memijit atau memencet jerawat supaya nggak terkena kotoran dan kuman yang menempel di tangan kita serta jerawat nggak infeksi. Sayonara acne!

Foto: Berbagaisumber

Tags: , , , , ,

LIKE AND SHARE!
1287
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar