Remaja.suaramerdeka.com – Mendengkur alias ngorok nggak hanya bisa dialami orang dewasa saja, anak-anak dan remaja juga bisa mengalaminya lho. Ngorok terjadi karena adanya getaran pada struktur pernapasan sehingga menghasilkan suara, baik lembut atau keras. Suara yang dikeluarkan kandang bisa sangat mengunggu orang yang tidur di sekitarnya.

Rahu nggak, ternyata ngorok bisa menjadi tanda-tanda memiliki penyakit serius lho, seperti apnea tidur, yaitu gangguan tidur yang bisa membuat kamu berhenti bernapas selama beberapa detik saat terlelap. Nah, hal tersebut membuat kadar oksigen dalam darah menurun yang mengakibatkan kelelahan dan sakit kepala esok harinya.

Demi menjaga bahaya-bahaya tersebut, kamu sebaiknya menghilangkan kebiasaan buruk ini, kawan. Eits, tapi sebaiknya hindari obat-obatan yang diklaim bisa mengatasi ngorok ya, karena produk tersebut belum teruji secara medis. Kamu bisa coba beberapa cara mudah dan simpel berikut ini:

Ubah Posisi Tidur

Posisi tidur ternyata menentukan apakah kamu ngorok atau nggak. Menurut sebuah penelitian, tidur dengan posisi terlentang bisa membuat ngorok. Hal itu terjadi karena tidur dengan bertumpu pada punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan, jadi bisa menyebabkan getaran suara saat tidur. Cobalah tidur dengan posisi menyamping.

Cukup Tidur

Kurang tidur atau intensitas  tidur yang nggak teratur bisa menyebabkan mengorok. Waktu kamu sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, kondisi otot-otot akan berubah menjadi tegang sehingga membuat kamu ngorok saat tidur.

Banyak Minum Air Putih

Ketika mengalami dehidrasi, proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket. Hal itu bisa menyebabkan mengorok. Banyaklah minum air. Nah, untuk cewek, idealnya minumlah air 11 gelas sehari, Sedangkan cowok sebanyak 16 gelas.

Jangan Merokok

Merokok bisa menyebabkan hidung dan paru-paru tersumbat. Kondisi seperti itu bisa memicu mengorok. Buang jauh-jauh niat untuk merokok sekarang juga biar terbebas dari ngorok dan bahaya akibat rokok lainnya.

Jaga Kebersihan Kamar Tidur

Alergi juga bisa memicu kamu buat mengorok lho. Jaga selalu kebersihan kamar tidur, bersihkan seluruh perabotan pada kamar, seperti tempat tidur, bantal, seprei, dan tirai biar terhindar dari tungau atau kutu.

Foto: berbagaisumber

Tags: , , , , , , ,

LIKE AND SHARE!
324
Terima kasih!
0
0
Terima kasih!
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Centang disini untuk komentar