image

Foto: Penayangan film Blitar di Yale University. (suaramerdeka.com/dok)

04 April 2018 | 08:00 WIB | Sinema

Yale University Jadi Tempat Pemutaran Film Blitar

JAKARTA, suaramerdeka.com-- Film Blitar,  karya sutaradata Livi Zheng yang proses syutingnya dilakukan di Blitar,  Jatim, ditayangkan di kelas Bahasa Indonesia Yale University. Yale University adalah salah satu sekolah terbaik di Amerika, alumninya, sebagaimana dijelaskan Livi, termasuk George H W Bush (Presiden AS periode 1989-1993). 

Selain itu,  masih banyak beberapa nama sohor lainnya. Seperti pemenang piala Oscar Meryl Steep dan Paul Newman, Bill Clinton (Presiden AS periode 1993-2001), dan pemenang Nobel, Paul Krugman. 

"Film Blitar ditayangkan sebagai media ajar kelas Bahasa Indonesia di Yale University hari ini (Rabu, 3/4, waku AS),"  kata Livi, via pesan WA yang disampaikan kepada suaramerdeka.com,  Rabu (4/4). 

Livi menambahkan,  selain di Yale University,  film Blitar memang akan putar di sejumlah Universitas Universitas terkemuka di AS, "Supaya indonesia makin dikenal," tekannya. 

Film Blitar mengangkat  Triangle Diamond, Tiga Sudut Pandang Berlian di kabupaten Blitar yang merupakan tempat wisata unggulan di Kabupaten Blitar.  Triangle Diamond terdiri dari Pantai Serang, Perkebunan teh Sirah Kencong, dan Candi Penataran. 

Pantai Serang diklaim memiliki hamparan pasir yang sangat luas dan indah. Sambil menikmati matahari terbenam, pengunjung dapat menyaksikan bagaimana upaya pelestarian penyu hijau sebagai salah satu hewan langka pada saat ini.  

Ada pun Sirah Kincong adalah kebun teh di dataran tinggi di kaki Gunung Kelud, yang hawanya sejuk dan pemandangannya asri. Perkebunan Sirah Kincong tercatat juga telah lama melakukan ekspor produksi tehnya ke luar negeri. Tentu yang tak bisa dilewatkan adalah bagaimana menelusuri sudut-sudut makam Proklamator Ir Soekarno yang sudah menjadi ikon Kabupaten Blitar. 

Dan yang terakhir adalah Candi Panataran. Candi Panataran atau Candi Palah adalah gugusan candi Hindu yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi termegah dan terluas di Jawa Timur ini terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, di sebelah utara Blitar, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. 

Foto: Penayangan film Blitar di Yale University. (suaramerdeka.com/dok)

(Benny Benke /SMNetwork /CN40 )

ENTERTAINMENT TERKINI