image

JADI SOROTAN : Kebersihan kawasan Alun-alun Kota Rembang menjadi sorotan banyak pihak, termasuk Bupati Rembang yang mengancam melarang berjualan kepada PKL yang tak jaga kebersihan. (Foto suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

12 Januari 2018 | 21:50 WIB | Suara Muria

Jelang Adipura, Alun-alun Rembang Masih Jadi Sorotan

REMBANG, suaramerdeka.com– Menjelang penilaian adipura tahun 2018, kawasan Alun-alun Kota Rembang menjadi sorotan banyak pihak. Salah satu sorotan datang darang dari orang nomor satu di Kabupaten Rembang, Abdul Hafidz.

Hafidz yang didampingi sejumlah asistennya, Jumat (12/1) bersepeda dan meninjau langsung kawasan alun-alun. Bupati Rembang itu memberikan sorotan tajam soal kebersihan kawasan alun-alun.

Menurut Hafidz, sejumlah item yang menjadi catatan negatifnya antara lain adalah masih adanya sampah bekas berjualan pedagang. Selain itu, saluran air di sekeliling alun-alun juga terkesan tidak terawat dan ada bekas sisa comberan.

Hafidz bahkan langsung melayangkan teguran kepada Ketua Paguyuban PKL Alun-alun Rembang, Sriyono. Ia meminta paguyuban PKL menggerakkan anggotanya ikut menjaga kebersihan alun-alun seperti yang sudah disepakati dulu.

“Alun-alun merupakan fasilitas publik, bukan milik pedagang saja. PKL harus ikut menjaga kebersihan paling tidak di tiap stand mereka berdagang. Jika ada PKL yang mengabaikan, maka tak segan pemkab akan mengambil tindakan tegas,” terang Hafidz.

Ia mengungkapkan, ada beberapa mekanisme untuk menindak PKL alun-alun yang bandel. Tahapan sanksi pertama adalah peringatan disusul sanksi kedua peringatan yang lebih keras.  Jika tetap bandel, sanksi ketiga nanti adalah penggusuran dari kawasan alun-alun.

Menurut Hafidz, kesepakatan tentang PKL ikut menjaga kebersihan alun-alun sebenarnya sudah lama dilakukan melalui pakta integritas. Namun kenyataannya di lapangan masih belum dijalankan secara maksimal.

Ketua Paguyuban PKL alun-alun, Sriyono mengaku sudah sering mengimbau pedagang untuk kebersihan di area jualannya masing- masing. Namun tidak semua PKL konsisten terus menjaga kebersihan. Pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan Bupati Rembang, termasuk sanksi yang akan diberikan apabila membandel. 

(Ilyas al-Musthofa /SMNetwork /CN19 )